Buku Food Rules - Michael Pollan, Ternyata Makan itu ada Ada Aturannya Juga

 

Rangkuman Singkat:

Ternyata makan itu ada peraturannya yang membantu kita untuk dapat menjadi lebih sehat ditengah paparan banyak makanan yang terlihat enak di mata apalagi jika telah di ulas oleh para mukbangers.

Quote favorite:

Makan makanan, kebanyakan tumbuhan, tidak terlalu banyak

Food Rules: Aturan tentang Makanan - Petunjuk untuk Pemakan adalah sebuah buku karya Michael Pollan yang berisikan 64 peraturan makan. Dimana secara garis besar buku ini membagi menjadi 3 bagian yaitu makan makanan, kebanyakan tumbuhan, dan tidak terlalu banyak. Aturan yang tertulis di dalam buku ini bukan serta merta menjadi suatu aturan yang ketat dan membatasai. Namun, aturan dalam buku ini mengingatkan kembali kita mengenai hakikat makan sesungguhnya yang telah diterapkan sejak jaman nenek moyang.

Tiga hal utama yang dibahas di dalam buku ini antara lain:

  1. Peraturan mengenai makanan
  2. Peraturan mengenai jenis makanan yang harus banyak dimakan
  3. Peraturan seberapa banyak harusnya kita makan

Mari kita pelajari lebih lanjut

Pelajaran 1: Makan Makanan

Banyaknya jenis makanan yang saat ini ada di sekitar kita membuat kita menjadi kalap mata atau hanya ikut-ikutan semata tanpa memperdulikan dampak pada tubuh kita. Kita juga tidak peduli bagaimana makanan itu dibuat, bahan yang digunakan, dan lain sebagainya. Jika makanan itu banyak yang makan apalagi 'viral', kebanyakan orang akan serta merta membeli dan memakannya. Dari sekian banyak jenis makanan tersebut, banyak juga diantaranya yang telah melalui banyak proses sehingga bahan awalnya sudah tidak terlihat terutama makanan instan.

 

Pelajaran 2: Kebanyakan Tumbuhan

Sedikit makanan yang berbahan baku tumbuhan atau sayuran. Kebanyakan menggunakan ayam, daging, atau seafood. Hal ini sebenarnya dapat berpengaruh pada kesehatan kita. Belakangan banyak orang yang terkena kolesterol, jantung, darah tinggi, dll. Bisa saja salah satu penyebabnya adalah kurangnya makan sayuran. Padahal sayuran merupakan bahan makanan yang harusnya bisa ditemukan dengan lebih mudah.


Pelajaran 3: Tidak terlalu banyak

Pastinya jika kita mengambil makanan, kita akan menyesuaikan dengan besar piring yang kita gunakan. Seringkali jika piring yang kita gunakan cukup besar, maka kita merasa harus mengisi piring tersebut hingga penuh. Ini yang menyebabkan kita menjadi makan terlalu banyak. Karena banyak prinsip yang mengatakan bahwa tidak boleh menyisakan makanan. Sering kali juga porsi yang disajikan di restauran kebanyakan porsi besar yang bisa dimakan hingga 2 orang. Maka kita harus bijak saat berhadapan dengan makanan.

Ulasan Buku

Berdasarkan hal yang kita baca dan pelajari dari buku tersebut, kita bisa sedikit mengontrol diri kita dan menyesuaikan kebiasaan agar dapat mengubahnya menjadi lebih baik. Tidak semua aturan dapat diterapkan karena perbedaan prinsip seperti terdapat aturan mengenai minuman keras. Umat Islam tidak dapat menerapkan aturan tersebut dalam kehidupan sehari-harinya karena memang dilarang untuk minum minuman keras. Selebihnya banyak hal yang dapat kita terapkan di dunia nyata.

Penerapan aturan tersebut di dunia nyata diharapkan dapat membantu kita untuk memiliki pola makan dan kesehatan yang lebih baik. Untuk para pejuang diet yang merasa tersiksa dengan diet yang dijalani, buku ini bisa menjadi salah satu referensi bagi penerapan pola makan lebih baik tanpa tersiksa.

 
Rekomendasi Teman Baca

Buku ini bagus sekali untuk para Teman Baca yang mungkin bingung bagaimana sih seharusnya kita makan. Dalam buku ini kita dapat membaca banyak aturan yang sebenarnya sudah pernah diterapkan sejak jaman nenek moyang, hanya saja terlupakan.

(Aluna)

Judul Buku : Food Rules: Aturan tentang Makanan--Petunjuk untuk Pemakan
Penulis: Michael Polan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2022
Jumlah halaman: 164 halaman

DAPATKAN BUKUNYA DISINI!!! 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar