Review Film You're Not Alone (2020)

You're not alone (2020)

 

You're Not Alone | 2020| 1h 32m

Genre : Horror, Mystery, Thriller| Negara: US

Director: Eduardo Rodriguez | Writers: Andrew Wong

Pemeran: Katia Winter, Leya Catlett, Zach Avery, dll

IMDB: 3.8/10

Tomatometer : -%

My Rate : 6/10

 

Setelah kematian suaminya yang tiba-tiba, Emma harus pulang ke rumah mereka dan merawat anaknya tanpa disangka bahwa sesuatu yang buruk menanti mereka, membangkitkan kembali trauma masa lalu Emma.

 

Peringatan:

Terdapat ketelanjangan, kekerasan, dan darah

 

Sinopsis:

Emma (Katia Winter) harus menerima hak asuh dan hak waris dari suaminya yang baru saja meninggal. Kematian suaminya terjadi secara tiba-tiba. Meski Emma selama ini telah pergi dari kehidupan suaminya, tetapi status mereka yang masih menikah membuat Emma menjadi orang yang menerima hak asuh dan hak waris tersebut. Hal ini membuat Ibu Mertuanya sedikit kesal, apalagi harus berpisah dari cucu kesayangannya, Isla (Leya Catlett).

 

Meski masih ada rasa canggung di antara Emma dan Isla. Mereka harus menerima hal itu dan kembali ke rumah tempat mereka tinggal. Satu per satu orang yang mengenalnya muncul seperti sahabatnya Ashley (Emmy James) dan pria dari masa lalunya, Mark (Zach Avery).  Namun, tidak semua menerima dengan baik kehadirannya seperti tetangganya yang selalu memandangnya dengan rasa takut. Banyak hal yang sepertinya terjadi dalam masa lalu Emma.

 

Emma yang sedang mencoba membangun kedekatan dengan Isla merasa kesulitan. Isla merupakan anak pendiam yang seakan sulit di dekati. Meski demikian, perkembangan hubungan mereka terlihat makin membaik. Namun, ketidaknyamanan terasa di rumah tersebut. Terlebih, tiba-tiba, gangguan demi gangguan mereka alami dan rasakan sejak awal mereka tinggal disana. Apakah mereka akan baik-baik saja?

 

Ulasan:

Film You're Not Alone seperti judulnya memiliki inti cerita dimana mereka tidak sendiri. Terdapat sosok jahat yang mengintai dan tinggal bersama dengan mereka. Ide ini bukan ide yang benar-benar baru karena sebagian besar cerita horror akan memiliki ide cerita yang sama. Tinggal bagaimana mengeksekusinya menjadi sesuatu yang menarik. Film ini bisa dikatakan belum berhasil memberikan cerita yang memukau penonton.

 

Sutradara dan penulis telah berusaha keras untuk memberikan cerita yang penuh misteri dengan mencoba menampilkan tokoh - tokoh dengan karakter yang misterius dan sedikit 'aneh'. Namun, hal ini juga belum bisa membantu membangun cerita menjadi lebih baik. Kejanggalan demi kejanggalan ditemukan dalam film ini.

 

Banyak hal yang perlu dioptimalkan dan diperbaiki kembali, terutama pondasi cerita yang menjadi bagian penting di sebuah film. Penonton tidak diberikan penjelasan secara gamblang mengenai latar belakang dari para tokohnya. Sebagai contoh, Emma yang dikatakan pergi dari rumahnya tidak dijelaskan alasan kepergiannya. Meski ada dialog dimana Ashley mengatakan bahwa Emma menderita sakit dan ada adegan dimana dirinya melakukan konsultasi dengan psikolog, tetapi hal itu belum benar-benar menjelaskan yang terjadi pada Emma. Apalagi respon tetangganya yang melihat Emma dengan tatapan ketakutan menambah kebingungan.

 

Kehadiran Mark yang membuat Emma takut juga tanpa kejelasan. Akan lebih baik jika interaksi Mark dan Emma di masa lalu diperlihatkan secara sekilas. Sehingga penonton bisa memahami ketakutan yang terjadi pada Emma. Meski kita bisa melihat bahwa Mark seakan terobsesi dengan Emma, tetapi kadang Emma juga menerima kehadiran Mark. Hal ini membuat Emma menjadi tidak konsisten dalam karakternya.

 

Karakter Isla yang juga kurang kuat. Isla seakan digambarkan sebagai anak yang pendiam dan misterius. Terlihat dari beberapa dialog yang diucapkannya. Namun, terasa tanggung karena akting yang kurang maksimal. Kejanggalan lain, saat mereka dalam bahaya, Isla malah menanyakan mengenai masa lalu kepada Emma. Ibaratnya, woy ini lagi genting, loe bisa-bisanya ada sesi sentimental dan mengenang masa lalu. Kurang masuk akal saja untuk ditampilkan.

 

Hal yang menganjal lainnya, Isla dan ayahnya selama ini tinggal di rumah tersebut tapi tidak mengalami hal aneh apapun. Mengapa hal aneh baru terjadi setelah Emma tinggal di rumah itu? Saat Ashley menghilang di rumahnya, Isla sama sekali tidak menyampaikannya kepada Emma. Secara logika, seharusnya minimal Isla menceritakan yang terjadi di rumah tersebut kepada Emma. Mungkin, ingin memperlihatkan sosok misterius Isla, tetapi rasanya tidak masuk akal.

 

Konsistensi tokoh dan logika cerita merupakan hal yang penting. Saat hal ini sedikit diabaikan maka film tersebut belum memberikan hasil yang maksimal. Apalagi sampai akhir, penonton tidak benar-benar mengetahui sosok yang meneror mereka.

 

Salah satu hal baik dalam film ini adalah pemilihan sound yang baik dan menambah ketegangan. Meski banyak kelemahan di film ini, tetapi masih bisa untuk ditonton.

 

Adegan yang mengesankan:


You're not alone (2020)

Ketidakhadiran Emma dalam hidup Isla selama ini menimbulkan berbagai pertanyaan dalam pikiran Isla. Neneknya memberitahukan bahwa Emma tidak menginginkan Isla dan berusaha untuk menyingkirkannya di masa lalu. Isla ingin mengetahui kebenarannya dan mencoba untuk menanyakan hal tersebut kepada Emma. Kejujuran yang dikatakan Emma merupakan hal pahit yang harus didengar dan diketahui oleh Isla.

 
Dialog mengesankan:

"I have seen him watching you."

Hal buruk terjadi dengan kucing tetangga mereka yang ditemukan mati di kamar tempat Isla bermain. Emma berusaha untuk mencari tahu penyebab kematian kucing tersebut. Namun, Isla mengatakan bahwa ada sosok lain yang ada di dalam rumah tersebut dan terus mengawasi mereka.

 

Ending:

Cliffhanger Ending.

 

Rekomendasi:

Okay to watch! Tidak terlalu memukau, tetapi tidak juga terlalu buruk. Meski masih banyak hal yang perlu diperbaiki dan dioptimalkan.

 

(Aluna)

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar