[EXPERIMENT] Mencoba Tak Menjadi Orang Kebanyakan

Kehidupan itu merupakan pilihan, mau ke kanan or ke kiri, mau sendirian or bareng-bareng, itu semua pilihan hidup yang ada di tangan kita sendiri.

Seringkali kita merasa tidak berani untuk mengambil langkah yang berbeda dari orang kebanyakan. Karena seringkali jika kita punya pendapat yang berbeda, kita tidak yakin akan jawaban kita. Misal kebanyakan orang bilang jawabannya A padahal kita pikir jawabannya B, karena kebanyakan yang jawab A, maka akhirnya kita ikutan A. Tapi orang seperti itu sudah terlalu banyak di Dunia. Namanya juga orang kebanyakan, kalo dikit namanya orang kedikitan #garingbanget hehehe

Nah gw mau coba untuk tak menjadi orang kebanyakan itu, meskipun banyak yang mempertanyakan dan meragukan keputusan gw, memandang sebelah mata atas yang gw lakuin, yang pasti gw bakal jalanin apa yang gw yakini, bukan hanya asal ikut-ikutan. Segala sesuatu pasti ada konsekuensi dan gw harus siap dengan semua konsekuensi tersebut, baik hal-hal yang nanti gw terima or hal-hal yang dengan terpaksa harus dilepaskan. Kayak moto pelajaran mankeu yang gw terima "High Risk, High Return".

Kalo loe mau dapet hal yang besar, maka loe harus terima resiko besar yang mengikutinya.

Apasih yang gw lakuin? Sebenernya disini gw mau cerita sedikit.
ada yang disebut dengan nasib dan ada yang disebut takdir, yang loe bisa ubah itu nasib. Kalo takdir itu yang pasti loe terima dan elo lalui, kalo mau diubah gak bisa di awal, mungkin bisa di akhir. Itu menurut gw.

Ini cerita sedikit tentang takdir dan nasib gw.
Gw tuh gak pinter-pinter amat, dulu pas SMA ditakdirkan masuk jurusan IPA, karena gak cocok banget di IPS. Hafalan gw bener-bener jelek. Nilai d SKHUN gw aja bagian hafalan Sejarah, Biologi dan PKN nilainya jelek. Hehe Dulunya gw tuh mau jadi guru Matematika or ambil jurusan Matematika, soalnya gw suka dan terobsesi ma matematika. Bokap gw guru matematika, nah dari itu gw bertekad harus pinter matematika, masa' bokap guru matematika anaknya gak bisa. Itu nasib. Jadi gw belajar keras tuh. Walau ikutan olimpiade gak pernah lebih dari cuma sebatas peserta. (mungkin takdir) hehe

Lulus SMA, kayak anak SMA kebanyakan pasti mikir mau kuliah dimana. Sebelum lulus gw nyoba ambil PMDK, or PMKA di UPI Bandung dan UNILA lampung , dua-duanya ambil FKIP Matematika dan dua-duanya gagal.
Gw ikutan PPA BCA, ikutan tes dari awal dan alhamdulillah lulus mpe akhir, tapi pas di tes wawancara ternyata gw gagal. Walau kemudian gw di telp lagi dan dinyatakan lulus untuk ikut periode selanjutnya. Namun di pending soalnya belum ikut test kesehatan.

Karena masih tidak ada kejelasan gw akan kuliah dimana, gw ikutan UMB (ujian masuk bersama) yang di selenggarakan oleh beberapa universitas ternama. ada 4 pilihan gw ambil Matematika-UNJ, ilmu keperawatan-UI, Fisika-UNJ dan Fasilkom-UI.
Setelah ikutan itu kan masih ada jeda waktu buat pengumumannya. Trus gw coba daftar SNMPTN , gw lupa ambil apaan kayaknya IT-ITB dan lain-lain. Dulu gw anti banget masuk UI, dan sangat terobsesi dengan ITB karena mantan pacar gw pas SMA masuk ke ITB. hehe

Pengumuman UMB keluar, gw ternyata masuk Ilmu keperawatan-UI. Jiahhh, menghindar UI malah masuk UI. Oh ya ada yang kelewatan, gw juga daftar STAN, tesnya bareng-bareng ma tempat bimbel gw. Nah dikarenakan hari daftar ulang nya bersamaan dengan SNMPTN, akhirnya gw kagak ikutan SNMPTN. dan daftar ulang ke sana.

Sebulan kuliah+orientasi di UI, tibalah waktunya pengumuman STAN. Sebenarnya pada hari itu , hari dimana pengumuman itu ada sepertinya Tuhan memberikan beberapa pilihan kepada gw. Saat itu gw lagi kuliah di UI- Ilmu keperawatan yang saat itu ngebayangin bakal berhubungan ma hidup manusia itu rasanya menakutkan. hehe, trus bakal ada pengumuman STAN yang bener-bener gambling bakal masuk or gak. Walau gw mencoba untuk yakin bahwa gw lulus. Dan hari itu juga beberapa saat pas gw jalan menuju warnet, gw di telpon pihak BCA nya lagi, ditanya apakah masih ingin masuk ke BCA. dan saat itu telpon itu gw jawab dengan penolakan dan harapan gw tinggal ke STAN aja.

Kenapa gw ngebet masuk STAN, soalnya gw bukan berasal dari keluarga yang kaya raya, hanya cukup. Dan gw tahu gimana ortu gw susahnya nyari uang buat ngebiayain hidup gw dan kakak gw. Jadi gw berniat untuk minimal membiayai sendiri kuliah gw. Seperti kita tahu kalo di STAN biaya kuliah kan gratis, jadi minimal bisa membantu ortu gw. Nah seperti gw bilang pengumumannya kan masih gambling, dan gw dah siapin rencana B kalo kemungkinan terburuk gw gak keterima, gw bakal total-totalan kejer beasiswa, berkas pengajuan dah siap untuk dikirim.

Ternyata Tuhan punya kehendak, setelah bersusah-susah untuk masuk ke servernya sampe abang tukang warnetnya geleng-geleng. Padahal gw juga lagi dikejer-kejer kuliah. Keluarlah pengumuman kalo gw lulus, seketika gw langsung nelpon nyokap gw, dan nyokap gw nangis-nangis seneng pas denger gw masuk. Asal loe tahu ya, gak ada rasa paling indah selain buat ortu loe senyum or nangis bahagia.

Trus besoknya gw langsung d jemput, ngurus-ngurus pengunduran diri di kampus dan capcus back to Lampung.

Habis itu PP di bulan puasa lampung-jakarta n jakarta- lampung buat daftar ulang STAN.

3 Tahun kuliah di STAN dengan darah dan air mata, dibayang-bayangi ketakutan akan DO tiap semesternya. Dengan pelajaran yang baru dan sulit kalo menurutku. Akhirnya lulus juga, walau target comlaud gak tercapai, yah tetep alhamdulillah. hehe

Setelah itu lulus nganggur dulu 1 Tahun, tapi sebenernya gak nganggur juga si. Awalnya gw ngajar bimbel 3 bulan, trus audit 2 bulan, rehat 1 bulan, magang IAI 1 bulan, rehat lagi 1 bulan, trus kerja jadi HRD selama 3 bulan di Gancit 8. Selama itu juga ikutan Brevet AB selama berapa ya? hahaha
trus keluar pengumuman buat tes TKD dari kampus gw, ikutan dan lulus dengan nilai yang sekadarnya. hehe

Pengumuman gw masuk ke SETJEN, KEMENKEU dan masuk ke PUSINTEK. ngurusin IT nya kemenkeu.

Nah sebenernya gw ada ikatan dinas dimana gak boleh kuliah sebelum 2 tahun kerja, tapi secara perhitungan gw, sayang banget waktu itu kalo gw gak ada perkembangan apapun. Padahal temen-temen gw dah pada S1 , dah pada ke jepang, inggris dan gw masih disini aja gak kemana-mana. Hehehe

akhirnya gw putusin untuk ambil kuliah lagi. Anak-anak seangkatan gw banyak yang mau nerusin ke UI- akuntansi or manajemen. Dan gw lagi-lagi beda jalur. Gw daftar ke Mercubuana-Public Relation. walau awalnya dapat pandangan sinis, namun gw tetep lakuin, karena insya Allah nti akan ada guna nya bagi gw.

dan sekarang gw dah jadi mahasiswi lagi donk hehe

loe bayangin gw dari jurusan IPA- trus masuk Akuntansi- kerjanya jadi guru, auditor, hrd, sales, entreperneur- sekarang masuk ke bidang IT - trus kuliah lagi di PR.

tau tuh nti ke depannya gw mau jadi apa.

Tapi jangan pernah loe takut untuk ambil langkah yang berbeda dari orang lain, asal loe yakin dan percaya dengan apa yang loe ambil dan kalo pun nti gak berjalan mulus, loe gak perlu nyalahin orang lain atas apa yang loe alami. Karena itu pilihan loe sendiri.

Dan jangan lupa loe juga harus komunikasikan itu ke Tuhan loe, karena dia yang punya kuasa dan kendali terbesar dalam hidup loe. Kalo loe berusaha keras loe bisa ubah nasib loe, tapi kalo loe gak bisa ngerubah apa yang mau loe ubah, jangan marah-marah or down. Berarti itu takdir yang loe harus lalui, loe harus bisa memanage hati dan cari hikmah dan titik cahaya di situasi itu.

Comfort zone itu bukan ditunggu tapi di ciptakan. hehe


Posting Komentar

0 Komentar