Review Application - Infinite Chinese, Belajar Kosa Kata Dengan Menyenangkan

  

Chinese Application
Aplikasi Infinite Chinese

Nama Aplikasi           Infinite Chinese
Pengembang              
Jernung
Google Play                :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jernung.infinite.zho&hl=en&gl=US
Apps Store                 :
https://apps.apple.com/us/app/infinite-chinese/id1303304626

Menurut gw, sebagai seorang pemula dalam pembelajaran Bahasa Mandarin pastinya hal yang paling utama adalah mengetahui beberapa kosakata dasar yang bisa kita terapkan sehari – hari. Menemukan sumber media pembelajaran yang mudah untuk dimengerti pastinya juga akan membantu kita untuk dapat mempelajari kosakata tersebut. Infinite Chinese merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat otak kita terbiasa dengan beberapa daftar kosakata.

Fitur

Aplikasi ini menyediakan 18 Kelompok Kategori seperti Angka, Warna, Binatang, Buah, Sayur, dll yang dapat kita pelajari dengan metode permainan yang menarik. Permainan yang ditawarkan dalam bentuk permainan meteor luar angkasa dimana meteor akan berjatuhan dan membawakan pertanyaan yang perlu kita pilih. Bentuk meteor yang disediakan juga beragam dan dapat diubah – ubah sesuai selera.

Kelebihan dan Kelemahan

Aplikasi ini mudah untuk dipahami dan digunakan oleh semua kalangan usia. Tampilan desain UI yang sederhana, tetapi tetap menarik perhatian membantu pengguna untuk dapat menggunakannya. Aplikasi ini menyediakan tiga level kesulitan yaitu, normal, hard, dan insane. Pilihan tampilan kosakata juga disediakan dalam tiga pilihan yaitu, pinyin, hanzi simplified, dan hanzi traditional. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika belum memahami tulisan hanzi.

Aplikasi ini dapat digunakan tanpa harus membayar (free) dan dapat digunakan dalam mode offline. Sehingga tidak terlalu memberatkan pengguna dalam penggunaannya. Hanya saja untuk kelompok kategori kosakata tidak semuanya terbuka, kategori akan terbuka jika kita telah berhasil mengumpulkan bintang yang didapat dari menyelesaikan permainan di masing – masing kategori. Selain itu, jika kita memainkan aplikasi ini secara online, maka akan muncul beberapa iklan setelah menyelesaikan permainan.

Aplikasi Mandarin
Fitur berbayar yang ditawarkan

Pengembang juga menyediakan peluang kita untuk meng-upgrade aplikasi kita dengan melakukan pembayaran sebanyak sekitar Rp99.000,- untuk sekali bayar. Pembayaran ini akan membuka beberapa fitur yang tersedia di dalam aplikasi, seperti menghilangkan iklan, fitur custome review, tingkat kesulitan insane, dapat membuka semua kategori tanpa mengumpulkan bintang, dan dapat menambah variasi tampilan meteor yang digunakan.

Menurut gw, jika kita menggunakan hanya untuk menambah kosakata, upgrade tidak terlalu dibutuhkan. Pengguna masih dapat mengakses fitur sesuai dengan kebutuhannya, karena kelompok kategori akan terbuka jika telah mengumpulkan bintang. Sedangkan untuk level kesulitan hanya akan mengubah kecepatan turunnya meteor di setiap permainan. Gw juga merasa tidak terlalu membutuhkan banyak varian meteor untuk penggunaan aplikasi ini.

Pengembang harus memikirkan kembali keuntungan bagi pengguna yang berbayar dibandingkan yang tidak membayar, karena menurut gw keuntungan yang ditawarkan kurang menarik. Jika pun pengguna diberikan pilihan berbayar, maka harusnya pengembang dapat menyediakan sesuatu yang tidak dapat diperoleh dari pengguna yang tidak membayar. Beberapa usulan yang mungkin bisa dipertimbangkan seperti menambah daftar kosakata yang digunakan, menambah tantangan dalam permainan, atau bahkan dapat menambah jenis permainan. Sehingga akan terlihat menarik bagi pengguna.

Bagi para pengguna yang masih dalam level pemula/beginner dalam mempelajari Bahasa Mandarin, aplikasi ini dapat dipertimbangkan untuk digunakan. Tampilan yang user friendly dan mudah untuk digunakan dapat membantu dalam meningkatkan jumlah kosakata mandarin kita. Metode pembelajaran yang ditawarkan adalah dengan pengulangan terus menerus yang akhirnya membantu kita untuk mengingat kosakata yang telah kita pelajari.

Sebagai tambahan informasi, Infinite tersedia juga dalam bahasa selain Chinese, seperti Spanyol, Prancis, Jerman, dll.

Demikian ulasan gw atas aplikasi tersebut, silahkan mencoba.

Wǒ xiān zǒu le. Bai bai

(aluna)

 


Posting Komentar

0 Komentar