Buku "Simple Diet For Muslimah: Diet Anti Ribet dan Hemat Budget" - Melihat diet dari kacamata Islam

 


Rangkuman Singkat:

Ternyata Rasulullah SAW telah mencontohkan mengenai pola makan yang baik, bahkan tidak perlu mahal atau pun ribet. Melalui buku ini kita dapat melihat bagaimana Rasulullah menerapkan pola makannya.

***

Muyassaroh adalah seorang penulis yang melalui beberapa bukunya berfokus bagaimana mengubah gaya hidup kembali dengan mengikuti Nabi Muhammad SAW, seperti 101 Renungan untuk Muslimah Akhir Zaman, Gaya Hidup Masa Kini, Sehat Ala Rasulullah, Diet dalam Pandangan Islam, dan pastinya Buku Diet For Muslimah, serta beberapa buku lainnya.

Buku Simple Diet For Muslimah ini sendiri berisikan 10 Bab yang membahas mengenai diet dari kacamata Islam dan bagaimana Rasulullah mencontohkan gaya hidup yang baik. Terdapat juga Bab Epilog dan bonus beberapa resep simple untuk diet yang dapat dicoba.

Terdapat 3 hal yang dapat kita pelajari dari membaca buku ini yaitu:

  1. Memahami diet dalam pandangan Islam
  2. Mengetahui prinsip dasar konsumsi makanan dalam Islam
  3. Tips dan Trik sehat ala Rasulullah SAW

Mari kita pelajari lebih lanjut. 

Pelajaran 1: Diet dalam Pandangan Islam

Diet bukanlah sesuatu yang dilarang di dalam Islam. Islam memperbolehkan kita melakukan diet jika didasarkan pada tujuan untuk menjaga kesehatan atau memperbaiki dan menjaga penampilan. Hanya saja, diet yang dilakukan harus dengan menggunakan cara yang benar dan tidak bertentangan dengan aturan agama dan medis.

Selain itu, kita sebagai umat Islam kita dilarang untuk melakukan diet yang termasuk tasyabbuh, yaitu meniru golongan diluar Islam. Banyak metode diet yang saat ini ada dan menjanjikan progress yang signifikan. Kita pastinya akan tergiur untuk mencobanya tanpa dan seringkali tidak memperhatikan apakah metode diet tersebut adalah metode diet yang diperbolehkan dalam Islam.

Sebagai contoh yang tidak boleh kita ikuti adalah Puasa Ahli Kitab dimana mereka akan menahan makan tetapi memperbolehkan minum dan Para Ahli Kitab ini tidak akan berbuka hingga terbit bintang serta warna kemerahan di ufuk barat menghilang. Sedangkan dalam Islam, Puasa yang boleh dilakukan setiap hari secara berturut-turut hanya boleh dilakukan pada bulan Ramadhan, diluar bulan Ramadhan kita tidak boleh melakukan puasa setiap hari secara berturut-turut.

Pelajaran 2: Prinsip dasar konsumsi makanan dalam Islam

Sebagai seorang muslim, penting bagi kita untuk memastikan kehalalan dari makanan yang kita santap. Bukan hanya dari bahannya, tetapi juga dari cara masak dan menyajikannya. Selain itu, makanan tersebut selain halal juga harus bersifat thayyib atau baik.

Setelah kita tahu bahwa makanan/minuman yang akan kita masukkan dalam tubuh termasuk makanan/minuman yang halal, kita juga harus mempertimbangkan manfaat yang dapat diberikan makanan/minuman tersebut dalam tubuh kita. Meskipun makanan/minuman tersebut terasa enak, tetapi jika memberikan manfaat buruk atau tidak bermanfaat bagi tubuh kita, sebaiknya dihindari. Sehingga tidak menimbulkan hal buruk yang tidak kita inginkan seperti penyakit, dll.


Pelajaran 3: Sehat ala Rasulullah

Rasulullah memberikan beberapa contoh gaya hidup yang dapat kita tiru. Beliau menjaga tubuhnya untuk tetap sehat, sehingga dapat optimal dalam beribadah dan berdakwah. Beberapa kebiasaan yang dapat kita tiru seperti:

a.     Tidur lebih awal

    Tidur lebih awal dapat mempengaruhi jam tubuh kita untuk bermetabolisme, sehingga juga akan mempengaruhi berat badan kita

b.     Berpuasa

     Berpuasa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan, tetapi jangan meniatkan kita berpuasa hanya untuk diet. Niatkan puasa untuk mendapatkan pahala dari Allah dan penurunan berat badan hanya sebuah bonus. Banyak puasa sunah yang dapat kita lakukan, jika ingin lebih rajin berpuasa bisa mencontoh puasa nabi daud, tetapi jika sulit biasanya orang berpuasa senin dan kamis.

c.     Mengawali makan dengan Bismillah

    Agar makanan yang masuk dalam tubuh kita menjadi sesuatu yang baik dan penuh dengan keberkahan, baiknya kita membaca doa sebelum makan.

d.     Makan dengan tangan kanan

e.     Makan dari sisi luar piring

f.       Membersihkan sisa makanan di jari jemari. Secara medis ternyata hal tersebut juga dapat membantu proses pencernaan kita.


Ulasan Buku

Ternyata dalam Islam diperbolehkan untuk melakukan diet, apalagi jika dengan alasan kesehatan. Hal ini menurut saya sesuai karena Allah telah memberikan kita tubuh yang baik, sepatutnya kita menjaga anugrah yang telah diberikan tersebut. Saya sendiri mengalami saat memiliki kelebihan berat badan, membuat saya menjadi sulit untuk beraktifitas, malas, dan penyakitan. Pastinya hal ini juga akan mempengaruhi ibadah kita kepada Allah.

Rasulullah juga ternyata telah memberikan contoh dan tauladan mengenai gaya hidup yang baik, seringkali kita lupa untuk mengikutinya. Padahal kegiatan-kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang cukup simple untuk dialkukan. Kita bisa mencoba untuk memulai menerapkan kembali apa-apa yang telah dicontohkan dan kita dapat melihat dampaknya bagi kehidupan kita.

Kita juga harus memperhatikan kebersihan, kehalalan, dan manfaat dari segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita. Jangan hanya mengikuti trend tertentu dan mengesampingkan hal - hal yang harus diperhatikan. Ini juga pernah jadi perbincangan saya dengan teman saya perihal status halal dari sebuah makanan yang sedang viral. Selama statusnya masih ambigu, kami memutuskan untuk tidak ikut mencoba. Minimal menghilangkan rasa ragu, saat sebuah makanan telah dilabeli halal.

So, mari kita coba untuk sehat dengan cara Rasulullah.


Rekomendasi Teman Baca!

Buku ini direkomendasikan untuk teman baca yang sangat ingin mempelajari diet dari sudut pandang agama dan bagaimana cara diet dalam agama Islam. Buku ini bisa menjadi salah satu referensi yang digunakan untuk dapat diterapkan di kehidupan sehari - hari.

(Aluna)

Judul Buku : Simple Diet for Muslimah: Diet Antiribet dan Hemat Budget
Penulis: Muyassaroh
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun terbit: 2020
Jumlah halaman: 252 halaman
Bahasa : Indonesia

DAPATKAN BUKUNYA DISINI! 

 


Posting Komentar

0 Komentar