Review 9 (2009) - Sisa - sisa kemanusiaan di tengah kehancuran

 

9 | 2009 | PG-13 | 1h 19m

Genre : Animation, Action, Adventure| Negara: United States

Director: Shane Acker | Writers: Pamela Pettler, Shane Acker, Ben Gluck

Pemeran: Elijah Wood, Jennifer Connelly, Crispin Glover, dll

IMDB : 7/10

My Rate : 8/10

 

9 terbangun di sebuah dunia yang telah porak poranda hingga dirinya bertemu dengan sesamanya yang bertarung dengan robot jahat buatan manusia. Siapakah sebenarnya 9?

 

Sinopsis

 

Seorang ilmuwan sedang membuat sebuah robot berbentuk boneka yang dijahitnya satu persatu secara rinci olehnya. Selanjutnya boneka tersebut terbangun dan mendapati ruangan yang porak poranda dan jasad ilmuwan tersebut tertidur di tanah. Terdapat sebuah tulisan angka 9 dipunggung boneka tersebut. Dirinya lalu mengamati keadaan di dalam ruangan tersebut dan menemukan sebuah benda berbentuk bulat yang memiliki 3 simbol di atasnya. 9 membawa barang tersebut bersamanya dan mencoba untuk keluar dari ruangan tersebut.


Film 9 2009
9 yang terbangun di ruangan ilmuwan

 

9 keluar dari jendela dan melihat dunia yang telah hancur. Di kejauhan terlihat seseorang yang mirip dengannya, tetapi 9 tidak dapat memanggilnya karena tidak dapat bersuara. 9 memberanikan diri untuk menghampiri seseorang tersebut, yang diketahui bernama 2. 2 membantu 9 untuk dapat mengeluarkan suara dengan menambahkan perangkat dari sampah robot yang ada di sekitarnya.

 

2 tidak sengaja melihat benda yang dibawa oleh 9. Saat itu dirinya merasa antusias, karena benda tersebut sama dengan gambar yang selalu dilihatnya. 2 mengatakan bahwa benda tersebut adalah suatu benda yang penting. Namun, saat sedang mengamati dan berbincang terdengar suara yang mengerikan dari kejauhan.

 

2 meminta 9 untuk bersembunyi, karena ada 'beast' yang sedang berkeliaran mengincar mereka. Ketika 'beast' itu muncul, seketika dirinya menyerang 2 yang saat itu terlihat dengan jelas. Sebuah pertarungan pun terjadi. Namun 2 tidak dapat melawan dan dirinya bersama dengan benda tersebut di bawa oleh Beast ke sarangnya. 


9 2009
Beast menyerang 2
 

9 yang terluka, pingsan di tengah perjalanan. Dari menara di kejauhan, 5 melihat 9 dari teropong pemantaunya dan memutuskan untuk menolong 9 dengan membawanya ke persembunyian. Ternyata selain 9, 2, dan 5, masih ada beberapa boneka lainnya dan mereka bersembunyi di bawah perintah 1 bersama algojonya 8. Saat sedang memperbaiki 9, 1 datang dan memberikan sambutan yang tidak hangat kepada mereka. Terlebih saat 9 mengatakan bahwa 2 dibawa oleh Beast.

 

1 menolak untuk menolong 2, karena di luar sana sangat berbahaya dan tidak ada kesempatan 2 masih hidup. 1 lalu menceritakan mengenai bagaimana dunia hancur dan yang saat ini tersisa hanyalah beast. 1 percaya bahwa yang dapat mereka lakukan untuk bertahan hidup hanyalah bersembunyi seperti selama ini. Namun, 9 tidak setuju dan merasa mereka tetap harus menolong 2. 1 pun marah dan meminta 5 untuk membawa 9 ke menara pemantauan.

 

Pertarungan melawan beast
 

Dari atas menara pemantauan, 9 melihat sebuah gedung yang amat menyeramkan. 9 memberitahukan kepada 5 bahwa disanalah 2 berada dan mengajak 5 untuk pergi menyelamatkannya. Awalnya 5 merasa takut untuk pergi dari tempat persembunyian dan karena 1, sebagai pemimpin, melarang untuk pergi ke tempat tersebut. Namun, 9 mengatakan bahwa sebelumnya 2 telah menolong 5 dalam pelarian, apakah 5 tidak ingin menolong 2?.

 

Setelah pergejolakan di dalam dirinya, 5 akhirnya memutuskan akan ikut bersama dengan 9 demi menolong 2. Mereka pun bersama pergi dengan membawa sebuah peta sebagai petunjuk perjalanan. Namun, tiba - tiba sebuah badai angin datang dan menerbangkan peta yang mereka bawa. 9 dan 5 pun mencari tempat berlindung.

 

Dalam gua tempat mereka berlindung, ditemukan jejak kaki beast. Namun gua tersebut terlalu gelap dan tidak terlihat apapun. 9 dan 5 membuat sebuah lampu penerang untuk dapat menerangi perjalanan mereka. Lampu tersebut dibuat dari barang - barang yang mereka temukan. Mereka pun masuk ke sarang beast dengan menyusuri gua tersebut.


9 2009
9 dan 5 masuk ke dalam gua sarang beast

 

Saat berada di dalam sarang tersebut, mereka melihat 2 berada di dalam sebuah sangkar. Mengira bahwa 2 telah mati karena tidak memberikan reaksi saat dipanggil, tetapi 2 akhirnya tersadar dan amat senang melihat mereka berdua. Namun, sebelum mereka berhasil menyelamatkan 2, beast mengetahui keberadaan mereka dan mengejar mereka. Saat itulah 7 datang menolong.

 

7 adalah seorang wanita yang amat pemberani. Dirinya merupakan salah satu yang paling tangguh di antara boneka lainnya. 7 datang menyerang beast tersebut hingga akhirnya beast tersebut terkalahkan. Mereka pun berhasil menyelamatkan 2. Namun, ini baru permulaan.

 

Benda penting yang dibawa oleh 9 sebelumnya, berada di sarang tersebut. Sebelumnya beast mencoba untuk memasangkannya di sebuah panel, tetapi urung dilakukan karena terganggu dengan kehadiran mereka. 9 yang melihat panel tersebut, lalu memasangkan benda tersebut ke panel itu. Alhasil panel tersebut menarik jiwa 2 yang saat itu berada di depannya dan membangunkan raja dari para beast.


Jiwa 2 yang terhisap ke dalam amulet

 

Apa yang selanjutnya akan terjadi? Apakah mereka akan terselamatkan?

 
Ulasan

 

Film ini mengambil topik yang menurut saya amat relevan dengan keadaan saat ini dimana manusia berlomba - lomba untuk menciptakan sebuah teknologi yang paling canggih di antara satu sama lain. Dari segi cerita menarik untuk diikuti. Dengan kecanggihan teknologi yang ada, digambarkan manusia menjadi sangat egois dan menggunakan teknologi tersebut dengan cara yang salah. Mengakibatkan teknologi itu sendiri berbalik menghancurkan dunia manusia tanpa sisa.

 

Animasi dan grafik dari film ini cukup baik. Semuanya terlihat rapi dan mengalir dengan baik. Namun, dari segi pencahayaan dan warna, film ini didominasi dengan warna gelap seperti hitam dan coklat. Sehingga akan kesulitan bagi orang yang penglihatannya buruk untuk menonton film ini. Perlu ditingkatkan pencahayaannya agar dapat terlihat dengan jelas.

 

Selain itu, dari segi penokohan menurut saya juga baik. Setiap boneka memiliki karakternya masing - masing. Meski hanya tokoh  - tokoh utama yang terlihat kuat karakternya. Sedangkan tokoh pendukung lainnya tidak terlalu terlihat kuat karakternya, hanya terlihat bahwa mereka memiliki kepintarannya masing - masing.

 

Terdapat beberapa pertanyaan yang timbul setelah saya menonton film ini. Jika digambarkan bahwa dalam perperangan dengan beast atau robot tersebut semua manusia musnah. Bagaimana bisa sang ilmuwan menjadi satu-satunya yang bertahan atau manusia terakhir di tempat tersebut? Dan apakah sebelumnya manusia berhasil mengalahkan raja beast, karena sebelum benda tersebut di pasang di panel, raja beast dalam keadaan tidak aktif?

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah, bahwa pengetahuan dan kepandaian dari manusia jika dipergunakan untuk tujuan yang buruk atau jatuh ke tangan orang yang salah, akan menyebabkan kehancuran yang dashyat. Kehancuran tersebut tidak hanya berdampak ke orang lain, tetapi juga bisa berbalik kepada diri kita sendiri. Sehingga penting bagi kita untuk dapat secara bijak menggunakan pengetahuan dan kepandaian yang kita miliki.

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar