Review Bitter Sweet (2016) - Hubungan unik antara vegetarian dan pembenci sayuran


Bitter Sweet (Original Title: Nigakute amai) | 2016 | 1h 36m

Genre : Comedy, Romance| Negara: Japan

Director: Shôgo Kusano  | Writers: Yumio Kobayashi, Tomohiro Ôtoshi, Makoto Ueda

Pemeran: Haruna Kawaguchi, Kento Hayashi, Yasushi Fuchikami, dll

IMDB : 6/10

My Rate : 9/10

 

Maki, pembenci sayur, bertemu dengan Nagisa seorang vegetarian dan memutuskan untuk tinggal bersama, hubungan unik pun terjalin antar keduanya.

 
Sinopsis

 

Maki (Haruna Kawaguchi) seorang wanita yang bekerja di sebuah perusahaan periklanan dan sangat membenci sayur. Tiap hari dirinya hanya makan makanan yang tidak sehat. Suatu hari dirinya mendapatkan sebuah proyek iklan dimana dirinya harus membuat iklan 'sayur pare'. Proyek tersebut adalah proyek yang besar, tetapi amat berat karena dirinya harus mengiklankan sayur.

 

Teman - temannya mengajaknya untuk merayakan proyek tersebut dengan makan di restoran baru yang ada di dekat kantor. Namun, ternyata restoran tersebut menyajikan makanan yang terbuat dari sayuran organik. Maki menolak dengan alasan akan mencari rumah dengan pacarnya yang berencana akan tinggal bersama. Padahal, alih - alih mencari rumah, Maki memilih untuk pergi ke bar dan minum sendiri.

 

Saat berada di Bar tersebut, Maki melihat seorang Pria tampan yang menarik perhatiannya. Maki memperhatikannya dari atas hingga bawah. Ketertarikannya seketika sirna saat melihat pria tersebut membawa sayur di tangannya. Maki yang sedang mabuk, lalu berteriak melampiaskan kemarahannya terhadap sayur dan pingsan.

 
Awal hubungan yang unik

 

Keesokan paginya, Mika terbangun dengan kondisi kamar yang berbeda dari biasanya. Kamarnya yang kotor tiba - tiba menjadi bersih dan rapi. Kemudian ada seorang pria yang sedang memasak di dapurnya. Pria tersebut ternyata adalah pria yang ditemuinya di Bar semalam yang tidak lain adalah Nagisa (Kento Hayashi), seorang guru seni di sekolah menengah atas.


Bitter Sweet
Nagisa memperhatikan Mika yang memakan masakannya

Mika mencoba untuk merayunya dengan bersikap manis. Lagi - lagi dirinya harus dihadapkan dengan sayur. Nagisa membuat makanan yang terbuat dari sayur, karena ternyata Nagisa adalah seorang vegetarian. Awalnya Mika tidak ingin memakan makanan tersebut, tetapi saat suapan pertama dirinya merasa jatuh cinta dengan masakan Nagisa.

 

Fakta tidak terduga lainnya muncul, Nagisa ternyata tidak menyukai perempuan. Ini membuat Mika sedikit kecewa, tetapi tetap tidak menghilangkan keinginannya untuk tinggal bersama. Mika pun secara terang - terangan meminta untuk tinggal bersama dengan Nagisa. Mengingat kontrak rumahnya yang sudah hampir jatuh tempo. Setelah mencoba mengancam Nagisa, akhirnya mereka setuju untuk tinggal bersama.

 

Tinggal bersama Nagisa bukan suatu hal yang mudah. Rumah yang ditempati Nagisa adalah rumah tua yang tidak sesuai dengan ekspektasi Mika. Selain itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi Mika untuk tetap dapat tinggal di rumah tersebut. Persyaratannya antara lain tidak boleh makan makanan yang berlemak, tidak boleh melakukan diet, tidak boleh makan daging, dan hanya boleh makan sayur. Sehingga Mika setiap harinya harus makan masakan Nagisa, termasuk dengan bekal makan siang ke kantor.


Mika dan Nagisa makan bersama
 

Awalnya kehidupan mereka setelah tinggal bersama berjalan dengan cukup baik. Terlebih saat Nagisa mengetahui bahwa Mika adalah seorang anak dari petani sayur terkenal 'Haru Baru Farm'. Namun, ternyata Mika memiliki hubungan yang buruk dengan orang tuanya. Mika membenci ayahnya yang tiba-tiba memutuskan berhenti bekerja dan memilih menjadi petani sayur. Sebab itulah Mika lalu amat membenci sayuran.

 

Suatu ketika terjadi permasalahan di tempat Mika dimana artis yang direncanakan akan menjadi model dari iklannya menolak tawaran tersebut. Tekanan dirasakan oleh Mika hingga membuatnya stress dan hilang nafsu makan. Hal ini menjadi sumber keributan antara Mika dan Nagisa, karena bekal makan yang dibuatkan Nagisa tidak habis. Perang dingin pun terjadi antara mereka.

 

Apakah hubungan mereka akan baik - baik saja dan tetap tinggal bersama? Dapatkah Mika membuat Nagisa menyukainya?

 
Ulasan

 

Nigakute Amai (にがくてあまい) adalah sebuah film komedi romantis yang diadaptasi dari sebuah webmanga series dengan judul yang sama karangan Yumiwo Kobayashi. Ide cerita yang diambil cukup menarik. Tidak hanya berfokus pada hubungan antara Mika dan sayur, atau Mika dan Nagisa, tetapi banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran dari film ini. Dengan cerita yang sederhana tersebut juga memperlihatkan mengenai hubungan mereka dengan masa lalu dan cara mereka mengatasinya.


Bitter Sweet 2016
Perbandingan tokoh dalam manga dan live action

 

Aktor yang dipilih sebagai peran utama memang tidak cantik atau tampan seperti artificial, tetapi memiliki kharisma tersendiri. Akting yang mereka tampilkan juga cukup baik. Dalam film ini juga terdapat unsur komedi yang dapat dinikmati di sela - sela adegan. Unsur komedi tersebut tidak berlebihan dan terlihat natural, ekspresi dari para pemain juga amat mendukung.

 

Selain itu, Film ini juga memiliki jalan cerita yang ringan dan alur yang padat. Meski banyak hal yang terjadi di dalam film ini, tetapi tidak terkesan terburu - buru atau dipaksakan. Selama 1 jam 36 menit, saya rasa penonton akan terus merasa tertarik dengan tiap adegannya. Interaksi antara Maki dan Hagisa juga membuat kita senyum - senyum sendiri.

 

Hanya saja yang saya bingungkan, film ini adalah film yang cukup diantisipasi pembuatannya. Namun, memiliki nilai yang rendah di IMDB. Seharusnya dapat memperoleh nilai yang lebih tinggi.

 

Film ini mengajarkan kita untuk berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu agar kita dapat bahagia. Banyak hal yang tidak dapat kita peroleh, bisa jadi karena kita sendiri yang membatasi diri kita. Seperti Maki yang tidak menyukai sayur dan memilih untuk menjauhi sayur. Namun, ternyata setelah mencoba untuk memakannya, Maki menjadi menyukainya. Kita harus berani untuk mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman agar mengetahui seberapa besar potensi yang ada dalam diri kita.

 

(aluna)

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar