Review The World of Us (2016) - Saat Sahabatmu Membalikkan Punggungnya terhadapmu

 



The World of Us (Original Title: Urideul) | 2016 | 1h 35m

Genre : Drama, Family| Negara: Korea

Director: Ga-eun Yoon | Writers: Ga-eun Yoon

Pemeran: Soo-In Choi, Hye-in Seol, Lee Seo-Yeon, dll

IMDB : 7.4/10

My Rate : 8/10

 

Sun yang tidak memiliki teman di sekolahnya bertemu dengan Ji-ah dan menjadi teman baik, tetapi tiba - tiba Ji-ah pun menjauh saat mereka kembali ke sekolah.

 
Sinopsis

 

Sun (Soo-In Choi) adalah anak yang dikucilkan di kelasnya. Tidak ada satupun yang ingin bermain bersamanya. Semua anak seperti merendahkan dan menjauhinya. Terutama Bora (Lee Seo-Yeon) dan teman satu gengnya yang berjumlah 2 orang.

 

Bora terlihat seperti seorang yang amat berpengaruh di kelas dan memiliki banyak teman. Saat itu Bora akan berulang tahun, tetapi Sun tidak mendapatkan undangan. Namun, Bora mengatakan akan mengundangnya jika Sun mau menggantikannya piket esok harinya.

 

Sun sangat senang menerima undangan dari Bora dan menyiapkan sebuah hadiah gelang yang dibuatnya sendiri. Pulang sekolah, Sun membersihkan kelas sendirian menggantikan Bora dan gengnya. Saat itu dirinya bertemu dengan seorang anak yang baru saja pindah dan akan masuk ke sekolah mereka, Ji-ah (Hye-in Seol).

 

Teman pertama

 

Setelah selesai membersihkan kelas, Sun segera datang ke rumah Bora sesuai dengan alamat pada undangan. Namun, ternyata rumah itu bukanlah rumah Bora. Dirinya yang bersedih, berdiri di sebuah jembatan penyebrangan dan tidak sengaja bertemu dengan Ji-ah. Mereka pun pulang bersama dan Sun memberikan gelang buatannya kepada Ji-ah.

 

Pada liburan musim panas itu, Sun menjadi dekat dengan Ji-ah. Sun berkunjung ke rumah Ji-ah. Ji-ah saat itu tinggal bersama dengan neneknya dan bisa dibilang memiliki ekonomi yang cukup baik. Sedangkan Sun masuk dalam kategori ekonomi menengah ke bawah. Dirinya tinggal di flat sempit bersama ayah, ibu, dan adiknya.


The world of us
Sun, Ji-ah, dan Yoon bermain bersama

 

Hubungan mereka semakin dekat saat Ji-ah menginap di rumah Sun karena neneknya harus pergi retreat bersama gerejanya. Yoon, adik Sun juga menjadi dekat dengan Ji-ah. Ji-ah merasa tidak keberatan tinggal di rumah Sun dengan segala kondisinya.

 

Hari itu, Sun meminta ibunya untuk membuatkan Ji-ah kimbab timun. Ji-ah yang masih tidur, terbangun dan melihat kedekatan Sun dan ibunya. Ji-ah terlihat iri dengan hubungan Sun dan Ibunya, tetapi Sun tidak menyadarinya. Sikap Ji-ah kepadanya mulai berubah dan banyak mengeluh dengan keadaan rumah Sun.  

 

Hubungan mereka mulai muncul permasalahan - permasalahan kecil. Ji-ah yang disuruh oleh neneknya untuk ikut les bahasa Inggris meminta Sun untuk ikut juga. Namun, Sun menolak karena banyak faktor terutama biaya. Ji-ah akhirnya mempermasalahkan Sun yang terus bermain dengan ponselnya dan ibu Sun yang terus menelpon ke ponselnya untuk menanyakan keberadaan mereka. 

 

Setelah sekian lama tidak bertemu, Sun melihat Ji-ah diantarkan neneknya ke tempat les. Sun meninggalkan adiknya sendirian di toko kelontong dan pergi mengikuti Ji-ah. Sun berhasil menemukan Ji-ah yang saat itu sedang menelpon ayahnya.

 

Setelah bertemu, hubungan mereka mulai membaik. Sun teringat dengan adiknya, dirinya dan Ji-ah mulai berkeliling untuk mencarinya. Untungnya teman les JI-ah berhasil menemukannya. Namun, Sun terkejut karena teman les Ji-ah adalah Bora.


The world of us 2016
Bora dan gengnya sedang membicarakan Sun

 

Libur musim panas telah selesai, sekolah pun dimulai kembali. Ji-ah mulai masuk ke sekolah sebagai anak baru. Sun mencoba untuk menyapanya, tetapi Ji-ah tidak mengindahkan sapaan Sun kepada dirinya. Namun, dia menjawab sapaan Bora dan terlihat dekat satu sama lain.

 

Apa yang terjadi pada Ji-ah? Apakah persahabatan mereka akan berakhir begitu saja?

 

Ulasan

 

Film ini memiliki ide yang menarik, tidak banyak film yang mengangkat tema persahabatan dengan tokoh utama anak-anak. Selain itu, kisah yang diceritakan di dalamnya banyak terjadi di dunia nyata. Dimana ada satu atau dua anak yang dikucilkan di kelasnya hanya karena dirinya memiliki ekonomi yang kurang baik. Faktor ekonomi ini membuat si anak dianggap tidak bisa di ajak bermain yang akhirnya membuat dirinya terkucilkan.

 

Meski jalan ceritanya cukup simple, tetapi konflik yang muncul di dalamnya cukup menarik. Namun, memang tidak terlihat jelas apakah benar hanya faktor ekonomi yang membuat Sun diabaikan. Sun juga sebelumnya dekat dengan Bora, tetapi saat ini seperti musuh dimana Bora menjauhi dan terus membullynya. Latar belakang kisah mereka juga tidak dijelaskan pada film ini.

 

Akting dari para pemainnya cukup baik dan tidak terlihat kaku. Masing - masing karakter juga terlihat amat kuat. Make up yang digunakan juga terlihat natural, sesuai dengan karakter dari filmnya dan tidak berlebihan. Meskipun tidak ada sound musik di adegannya, tetapi suara - suara alami yang ada di sekitar membuat film ini terasa nyata.

 

Saya merekomendasikan film ini untuk kamu yang suka dengan tema persahabatan dan cerita drama yang ringan. Amat cocok juga untuk ditonton oleh anak - anak karena banyak pelajaran yang bisa di ambil dari film ini. Pastinya di tonton dengan pendampingan dari orang tua agar bisa menjelaskan mana tindakan yang benar dan salah.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah bagaimana kita memperlakukan sahabat kita atau orang yang banyak jasa kepada kita. Jangan sampai kita menjadi seseorang yang akhirnya melakukan apapun agar bisa berbaur dengan lingkungan. Bahkan tega mengorbankan dan melukai orang yang berjasa dalam hidup kita.

 

(Aluna)

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar