Review Beautiful Accident (2017) - Merasakan jalan takdir yang berbeda


Beautiful Accident (Original Title: Mei hao de yi wai)| 2017 | 1h 44m

Genre : Comedy, Fantasy| Negara: Chinese

Director: Wi Ding Ho | Writers: Zhichao Ha, Je-Yeong Kim, Harry Segall

Pemeran: Gwei Lun-Mei, Jingchun Wang, Na-Na OuYang, dll

IMDB : 6.5/10

My Rate : 8/10

 

Li Yuran mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkan kehilangan nyawanya, diharuskan untuk hidup sebagai orang lain sebelum kembali ke kehidupan semulanya.

 
Sinopsis

 

Li Yuran (Gwei Lun-Mei) adalah seorang pengacara sukses yang keras kepala dan berdarah dingin. Dirinya akan mengesampingkan rasa kemanusiaan demi memenangkan kasus yang ditanganinya. Termasuk salah satu kasus percobaan pemerkosaan yang dilakukan oleh kliennya, dirinya meminta korban untuk menarik laporan mereka.


Beautiful Accident
Li Yuran sebagai pengacara sukses
 

Dengan kesuksesannya, Yuran berencana untuk meneruskan pendidikannya ke Jerman dan berhenti dari pekerjaannya. Temannya yang juga merupakan supervisornya menganggap kepribadian Yuran terlalu sombong dan keras. Kepribadiannya tersebut membuat dirinya tidak pernah merasakan di dekati oleh pria.

 

Yuran dengan umurnya yang dianggap telah cukup dewasa, tidak sedikit pun memikirkan mengenai pernikahan. Yuran menganggap saat ini dengan segala kesuksesannya membuat hidupnya sudah cukup baik. Sikapnya ini dampak dari trauma yang dirasakannya dari keluarganya sendiri. Ayahnya meninggalkan dirinya dan Ibunya yang membuat Ibunya begitu membenci ayahnya.

 
Permainan Takdir

 

Setelah berpamitan ke makam ibunya, Yuran melanjutkan perjalanannya ke bandara untuk berangkat ke Jerman. Namun, ditengah perjalanan terjadi kecelakaan dan asap yang memenuhi jalanan. Untuk menghindari kecelakaan tersebut, Yuran menerobos asap dan berakhir bertabrakan dengan sebuah truk yang menyebabkan mobilnya hancur.

 

Yuran terbangun di tempat yang asing baginya yang ternyata diketahui adalah tempat di antara kehidupan dan kematian. Saat itu staf yang ada disana merasa ada yang salah dengan Yuran dan membawanya untuk menemui direktur. Ternyata Yuran seharusnya belum waktunya mati. Dirinya masih bisa hidup hingga umur panjang.

 

Akibat kesalahan dalam pencatatan, Yuran yang telah kehilangan nyawanya ditawarkan untuk sementara hidup di kehidupan yang berbeda. Dirinya harus hidup di kehidupan tersebut selama lebih kurang satu minggu. Sebelum akhirnya kembali ke kehidupannya yang nyata.


Beautiful Accident
Li Yuran Bersama dengan keluarga barunya
 

Yuran tidak mengetahui bahwa kehidupan yang akan dijalaninya adalah kehidupan seorang ibu rumah tangga yang mengurus suami, Zhang Tao (Chen Kun) dan kedua anaknya, Xing Xing (Ouyang Nana) dan Tian Tian (William Wang). Kehidupan tersebut amat berbeda dengan hidupnya. Pakaian yang tersedia tidak ada satupun yang modis, uang mereka yang terbatas, selera makan yang berbeda, dan banyak masalah lain yang muncul.

 

Selama dirinya berada di kehidupan tersebut, ada syarat yang harus dipenuhi yaitu tidak ada yang boleh mengetahui bahwa dirinya adalah 'palsu'. Namun, anaknya yang terkecil, Tian-Tian mengetahui bahwa Yuran bukanlah ibunya. Dirinya menganggap Yuran sebagai alien yang sedang menyamar dan menggantikan posisi ibunya sementara waktu.

 

Lalu apa yang selanjutnya pada kehidupan Yuran dan keluarga tersebut?

 

Ulasan

 

Film ini merupakan sebuah remake dari film Korea Selatan yang berjudul Wonderful Nightmare tahun 2015. Banyak kritikus yang mengatakan bahwa film ini tidak sebagus film tahun 2015 tersebut. Namun, saya akan melakukan ulasan hanya berdasarkan aspek yang membentuk film ini tanpa perbandingan dengan film yang sebelumnya.

 

Ide cerita dari film ini cukup bagus, dimana mencampurkan unsur fantasi di dalamnya. Film ini dengan imajinasinya memperlihatkan hal yang terjadi afterlife. Meski hal ini kurang masuk akal saat kegiatan yang terjadi di dunia antara, diperlihatkan sama halnya dengan dunia manusia. Adanya korupsi, berkas yang menumpuk, kesalahan administrasi, dll yang rasanya aneh jika juga terjadi di dunia antara setelah kematian.

 

Meski demikian cerita yang terjadi saat dirinya harus hidup sebagai orang yang berbeda memberikan pelajaran yang cukup berarti. Pelajaran tersebut dapat kita ambil dari berbagai kontra cerita pada tokoh utama. Serta akhir cerita yang sedikit plotwist yang menurut saya di eksekusi dengan baik.

 

Akting dari para pemainnya cukup baik. Gwen Lun-Mei dapat mempertunjukkan kemampuan aktingnya yang cukup memukau dengan merepresentasikan 2 kepribadian yang berbeda. Chemistry dengan pemain lainnya pun terjalin dengan apik. Bahkan pemeran pendukung dalam film ini juga menampilkan kemampuan akting yang cukup baik.

 

Soundtrack atau musik yang digunakan untuk setiap adegannya dipilih dengan baik. Sehingga membantu untuk membangun vibe atau mood yang sesuai di setiap adegannya. Namun musik di after credit yang saya rasa kurang sesuai dengan suasana yang terbentuk di akhir cerita. Meskipun penyanyi dari soundtrack ini adalah Chen dan Suho dari EXO. 

 

Berdasarkan semua elemen, film ini cukup layak untuk dijadikan sebagai tontonan ringan yang penuh makna. Meski di dalamnya terdapat sisipan komedi, tetapi pesan yang ingin disampaikan tetap tersampaikan dengan baik. Unsur komedi juga tidak diperlihatkan secara berlebihan. Sehingga ada kemungkinan film ini untuk dapat ditonton secara berulang.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dalam film ini adalah banyak hal di hidup ini yang harus kita lihat dari sudut pandang yang berbeda. Seringkali keegoisan kita menutup mata kita dari sisi lain kehidupan. Kita begitu yakin dengan pilihan yang kita jalani, meskipun hal tersebut mungkin melukai orang yang ada di sekitar kita. Dengan kita melihat dari sisi yang berbeda, kita dapat melihat segala sesuatunya dengan lebih netral. Sehingga terwujud kehidupan yang lebih baik.

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar