Review Door Lock (2018) - Penyusup yang Membahayakan


Door Lock (Original title: Doeorak)| 2018 | 1h 42m

Genre : Horror, Mystery, Thriller| Negara: South Korea

Director: Kwon Lee | Writers: Park Jung-Hee, Kwon Lee, Alberto Marini

Pemeran: Kong Hyo-Jin, Kim Ye-Won, Kim Sung-oh dll

IMDB : 6.4/10

My Rate : 7/10

 

Kyung Min yang hidup sendiri di sebuah apartemen merasa seseorang mencoba untuk masuk ke dalam apartemennya, meski laporannya tidak pernah dianggap serius oleh pihak kepolisian.

 

Sinopsis

 

Sebuah tindakan kriminal terjadi di sebuah apartemen, dimana seseorang menyusup ke dalam apartemen yang ditinggali oleh seorang wanita. Wanita tersebut tidak menyadari bahwa apartemennya telah dimasuki oleh orang lain. Seseorang tersebut menyerangnya tanpa diketahui oleh penghuni lainnya.

 

Kyung Min (Gong Hyo Jin) selalu terbangun dengan kondisi badan yang tidak enak. Dirinya pun menemukan beberapa hal aneh di apartemennya, termasuk dengan kunci pintunya yang terus terbuka. Dirinya pun akhirnya mencoba mengganti password kunci pintunya.


Door Lock
 

Malam itu, tiba - tiba seseorang mencoba untuk membuka pintu kamar Kyung Min. Namun, saat memeriksa keluar dirinya hanya mendapati sebuah puntung rokok berada di depan pintunya. Polisi tidak bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut karena belum ada kejadian yang membahayakan korban, meski laporan ini bukan kali pertama dilakukan oleh Kyung Min.

 

Teror tanpa henti

 

Kyung Min mencoba untuk mencari tempat tinggal baru meski belum mendapatkan tempat yang cocok. Masalah lain muncul saat dirinya mengikuti saran dari Oh Hyo Joo (Kim Ye-Won) untuk selalu tersenyum kepada nasabah dan menunjukkan kepedulian. Ternyata nasabah yang diberikan perhatian menilai hal itu sebagai hal yang tidak biasa.

 

Kyung Min merasa ketakutan dan mencurigai nasabah tersebut memiliki niat jahat terhadap dirinya. Seorang pria juga terus menerus berhasil masuk ke dalam apartemennya tanpa dia sadari. Apa yang sebenarnya terjadi pada Kyung Min dan siapa yang mencoba mencelakainya?

 

Ulasan

 

Door Lock adalah sebuah film yang diadaptasi dari film Spanyol berjudul Sleep Tight. Meski demikian terdapat perbedaan sudut pandang dimana film Sleep Tight menggunakan sudut pandang si pelaku, sedangkan Door Lock menggunakan sudut pandang korban. Door Lock juga lebih mengutamakan suasana thriller daripada drama. Film ini juga mendapat kan penghargaan dalam Brussels International Festival of Fantasy Film sebagai Best Thriller Movie.

 

Ide cerita yang diangkat dalam film Door Lock ini cukup menarik dan disajikan dengan cara yang menegangkan. Namun, karakter dari tokoh utama yang menjadi korban terlalu terkesan lemah. Terlihat bagaimana tokoh tersebut mudah untuk diintimidasi, sebagai contoh oleh rekan kerjanya di kantor dan juga konsumennya. Hal ini membuat film terasa membosankan di awal - awal, keseruan baru terasa saat dipertengahan menjelang akhir. 

 

Pelaku kejahatan sebenarnya sudah dapat diprediksi sejak awal film ini dimulai. Namun, cerita yang disajikan berhasil membuat pikiran penonton tertipu. Cerita yang disajikan dengan apik dan membuat kesan yang misterius.

 

Meski demikian bagian yang paling saya tidak suka adalah tokoh atau karakter polisi yang ditampilkan dalam film ini. Jika memang peraturan mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengambil tindakan sebelum adanya kejadian yang merugikan korban, minimal mereka melakukan penyelidikan untuk antisipasi. Namun dalam film ini polisi benar - benar mengabaikan laporan korban.

 

Terlebih lagi dialog yang digunakan para polisi terkesan menyudutkan korban dan judgmental. Padahal seharusnya polisi bisa bersikap netral untuk dapat melihat permasalahan menggunakan sudut pandang yang lebih luas. Hingga akhir cerita polisinya masih terlihat tidak terlalu berguna, padahal korban telah melewati banyak kejadian yang memungkinkan nyawanya menghilang.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah bahwa kita harus tetap berhati - hati dengan orang sekitar kita. Kita tidak pernah tahu siapa yang mungkin memiliki niat buruk terhadap kita. Jangan pernah juga memberitahukan informasi pribadi ke orang yang tidak kita kenal. Waspadalah dengan sekitar untuk tetap aman.

 

(Aluna)

Temukan Film ini disini.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar