Review How Long Will I Love U (2018) - Kisah Cinta Dua Masa


 

How Long Will I Love U (Original title: Chao shi kong tong ju) | 2018 | 1h 41m

Genre : Comedy, Fantasy, Romance| Negara: China

Director: Lun Su| Writers: Lun Su

Pemeran: Jiayin Lei, Liya Tong, Hao Chen, dll

IMDB : 6.4/10

My Rate : 9/10

 

Xiaojiao dan Lu Ming tinggal di apartemen yang sama tetapi di tahun yang berbeda, tiba - tiba terbangun menyadari bahwa kamar mereka menjadi portal waktu yang menghubungkan tahun 1999 dan 2018. 

 

Sinopsis

 

Xiaojiao (Liya Tong) adalah seorang wanita yang tinggal di tahun 2018, sangat ingin memiliki pasangan hidup. Namun, pencarian jodohnya masih belum juga berhasil. Dirinya harus membantu adiknya juga untuk menjual sebuah rumah sebagai bayaran atas pertolongan adiknya mencarikannya pria.

 

Lu Ming (Jiayin Lei) merupakan seorang pria berumur 25 tahun yang tinggal di tahun 1999 dan merupakan seorang arsitek. Namun, dirinya bukanlah seorang arsitek yang sukses. Tidak ada yang ingin berinvestasi ke dalam proyeknya yang membuat Lu Ming menjadi karyawan terburuk di kantornya.

 

Nasib buruk terjadi pada keduanya. Xiaojiao ditipu oleh seseorang yang mengaku akan membeli rumah darinya dan malah kehilangan uang. Lu Ming mendapatkan ancaman dari bosnya setelah tidak sengaja mendengar rencana jahat dari bosnya. Mereka pun kembali ke apartemen mereka masing - masing yang ternyata berada di lokasi yang sama.

 

Penggabungan Timeline Waktu

 

Xiaojia dan Lu Ming mulai merasakan kejadian aneh pada apartemen mereka. Hingga pada pagi hari mereka terbangun dalam keadaan kamar yang telah menyatu. Meski demikian suasana yang di lihat dari luar jendela menunjukkan suasana yang berbeda.


 

Mereka pun mencoba untuk memahami yang terjadi dan akhirnya menyadari bahwa mereka berada di timeline waktu yang berbeda. Saat Lu Ming membuka pintu kamarnya, mereka akan masuk ke tahun 1999. Sedangkan jika Xiaojia membuka pintu kamar, mereka akan masuk ke tahun 2018.

 

Mereka harus berhati - hati dalam setiap tindakannya agar tidak membuat kehancuran di masanya masing - masing. Xiaojia menyadari hal ini saat dirinya mencoba untuk mendekati dirinya yang di masa lalu. Beberapa kerusakan terjadi di sekitar mereka. Setelah berkompromi bersama, mereka memutuskan untuk menerima keadaan dan tinggal bersama.

 

Kejadian yang terjadi ternyata akibat terbukanya jalan penghubung antar dimensi. Apartemen merekalah yang menjadi jalan penghubung tersebut. Namun, jika portal ini diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab akan dapat membahayakan.

 

Apa yang akan terjadi pada mereka selanjutnya?

 

Ulasan

 

How Long Will I Love U adalah sebuah film dengan tema perjalanan waktu. Meski pun banyak film dengan tema yang serupa, How Long Will I Love U tetap memberikan sebuah ide yang menarik dan dieksekusi dengan sangat baik. Setiap kejadian yang ada di dalam film tersebut masih masuk dalam logika dengan penjelasan yang ilmiah.

 

Film ini menggunakan animasi yang cukup menarik pada saat film dimulai. Efek transisi yang digunakan juga cukup baik. Terlebih latar belakang tempat yang dibuat berbeda sesuai dengan tahun waktunya juga dieksekusi dengan baik. Selain perbedaan lokasi yang terasa, penggunaan warna untuk mengindikasikan waktu yang berbeda juga membantu penonton untuk dapat memahami film tersebut.

 

Akting dan script film ini juga baik, terbukti dengan memenangkan 10 penghargaan dari 29 nominasi. Tokoh Lu Ming sebelumnya direncanakan akan diperankan oleh orang yang berbeda sebagai Lu Ming tahun 1999 dan tahun 2018. Namun, karena keterbatasan dana, Lu Ming akhirnya diperankan oleh orang yang sama. Hal ini menurut saya malah membuat film ini terlihat lebih nyata, karena perkembangan sosok Lu Ming terlihat jelas.

 

How Long Will I Love U menyajikan akhir cerita yang cukup keren. Hanya saja terdapat beberapa hal yang menurut saya kurang. Perubahan yang terjadi di masa lalu memberikan pengaruh besar dalam hidup Lu Ming, tetapi tidak diperlihatkan dari sisi XiaoJiao. Seharusnya perubahan tersebut diperlihatkan dari 2 sisi. Sehingga penonton mengetahui kisah akhir mereka masing - masing.

 

Meski demikian, film ini merupakan film yang menarik untuk di tonton dan ringan. Bahkan kisahnya membuat film ini layak untuk masuk dalam daftar film yang akan saya tonton ulang. Sebuah film dengan ide cerita yang berkesan. Kisah cinta yang ditampilkan juga tidak berlebihan dan bisa masuk ke dalam hati para penonton.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah masa depan merupakan sesuatu yang ada di tangan kita sendiri. Apa yang kita perbuat saat ini akan mempengaruhi kita di masa depan. Meski demikian kesuksesan bukan satu - satunya yang perlu kita gapai, tetapi sebuah kesuksesan yang diwarnai dengan kejujuran dan kerendahan hatilah yang perlu diwujudkan.

 

(Aluna)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar