Review Okko's Inn (2018) - Sebuah Penginapan Penyembuh


Okko's Inn (Original title: Waka okami wa shôgakusei!) | 2018 | 1h 34m

Genre : Animation, Adventure, Drama| Negara: Japan

Director: Kitarô Kôsaka| Writers: Hiroko Reijo, Asami, Reiko Yoshida

Pemeran: Seiran Kobayashi, Nana Mizuki, Satsumi Matsuda, dll

IMDB : 7/10

My Rate : 9/10

 

Okko mengalami kecelakaan yang menewaskan kedua orang tuanya, dirinya akhirnya harus tinggal bersama neneknya dan membantu mengelola penginapan keluarganya di usia yang masih sangat muda.

 

Sinopsis

 

Okko bersama dengan kedua orang tuanya berkunjung ke Hananoyu, tempat yang terkenal dengan pemandian air panas dan juga kampung halaman neneknya. Dalam perjalanan pulang, sebuah kecelakaan terjadi yang melibatkan mereka. Hanya Okko yang selamat dari kejadian tersebut, sedangkan kedua orang tuanya telah meninggal.

 

Setelah kejadian tersebut, Okko kembali ke Hananoyu untuk tinggal di penginapan yang dikelola oleh neneknya. Disanalah dirinya bertemu dengan Uribo, hantu anak laki - laki yang ada di penginapan tersebut. Uribo meminta Okko untuk membantu neneknya mengelola penginapan tersebut dan menjadi pemilik penginapan junior. Meski Okko masih belum begitu mengerti, tapi neneknya senang mendengar hal tersebut.

 

Pemilik Penginapan Junior

 

Uribo membantu Okko untuk bisa beradaptasi di tempat tersebut. Okko menganggap orang tuanya masih hidup. Dirinya belum benar - benar bisa menerima bahwa kedua orang tuanya telah tiada. Meskipun hal tersebut tidak benar-benar ditunjukkannya.

 

Okko menemukan sebuah lonceng di dalam gudang. Ternyata lonceng tersebut berisi iblis kecil yang memanggil para pengunjung ke penginapan untuk menginap.  Okko pun akhirnya mengetahui bahwa Uribo sebelumnya adalah teman dari neneknya. Namun, neneknya tidak mengetahui bahwa Uribo telah meninggal.


Okko's Inn
 

Okko mulai belajar untuk mengelola penginapan. Dari belajar menggunakan kimono, membersihkan penginapan, dan juga berinteraksi dengan para tamu. Saat masuk sekolah, Okko bertemu dengan Matsuki yang ternyata juga memiliki penginapan yang cukup besar di wilayah tersebut. Matsuki menganggap Okko sebagai lawannya. Selain itu, ada hantu anak perempuan usil yang juga selalu bersama dengan Matsuki.

 

Apakah Okko berhasil mengelola penginapan dengan baik terutama dengan para hantu yang berada di sekitarnya?

 

Ulasan

 

Okko's Inn adalah film yang diadaptasi dari sebuah serial novel anak yang ditulis oleh Hiroko Reijo dengan judul 若おかみは小学生!, Waka Okami wa Shōgakusei!, atau "The Young Innkeeper Is a Grade Schooler!". Ide cerita yang disajikan cukup menarik. Dengan animasi yang bagus dan halus, tipikal animasi jepang pada umumnya.  Ceritanya cukup menghibur, ada pula sisi yang membuat penonton merasa sedih.

 

Hanya saja ada beberapa adegan yang menurut saya masih tidak masuk di logika. Okko yang merupakan seorang anak SD mengalami kecelakaan dan membuat ayah ibunya meninggal. Setelah kejadian tersebut, Okko seperti tinggal sendiri dan tidak ada yang mengurusnya. Bahkan saat dirinya pergi ke tempat neneknya, tidak ada satu pun orang yang menjemput atau mengantarnya.

 

Selain itu, nenek Okko digambarkan sebagai seorang nenek berumur 70 tahun. Menurut saya 70 tahun umur yang cukup tua. Hanya saja tampilan dari animasi dan suara yang digunakan oleh pengisi suara kurang sesuai dengan nenek berumur 70 tahun. Terlihat masih sekitar 50 tahun an, mungkin pengisi suaranya harus dicari yang mirip dengan nenek pada umur tersebut.


Okko's Inn
 

Okko digambarkan sebagai pemilik muda dari penginapan neneknya. Meski demikian, tugas Okko hanya membantu dan neneknya masih yang memegang kendali. Namun, teman Okko, Matsuki yang memiliki penginapan juga terlihat dirinya yang mengelola penginapan tersebut. Padahal dirinya merupakan teman sekelas Okko yang juga masih berumur sangat muda. Tidak pernah terlihat orang tua dari Matsuki sepanjang film ini berlangsung.

 

Meski demikian, film ini mengajarkan banyak hal dan cukup baik untuk ditonton. Bahkan tidak akan membuat bosan jika ingin menontonnya kembali. Akhir cerita juga cukup baik, meski masih menimbulkan pertanyaan. Sedikit spoiler, mengapa para hantu tersebut baru pergi ke surga setelah bertemu dengan Okko. Padahal mereka telah menjadi hantu bertahun tahun lamanya.

 

Film ini sepertinya tidak diperuntukkan untuk anak kecil. Meskipun film ini adalah film animasi dan tokoh utamanya adalah seorang anak kecil, tetapi jalan ceritanya menurut saya cukup dewasa dan anak mungkin sulit memahami. Sehingga tidak saya sarankan untuk ditonton oleh anak - anak sendirian, jika memang ingin menonton bisa dengan pendampingan orang tua.

 

Pelajaran yang kita dapat dari film ini adalah kegigihan Okko untuk melanjutkan hidupnya dan berjuang tanpa menyerah. Meskipun dirinya telah kehilangan ayah dan ibunya di hadapannya langsung. Kita pun diajarkan untuk bisa berbesar hati dan memaafkan.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar