Review The Thinning - New World Order (2018) - Mengungkap sebuah Rahasia negara


 

The Thinning - New World Order | 2018 | 1h 29m

Genre : Action, Drama, Horror| Negara: US

Director: Michael J. Gallagher| Writers: Michael J. Gallagher, Steve Greene

Pemeran: Logan Paul, Peyton List, Matthew Glave, dll

IMDB : 4.1/10

My Rate : 5/10

 

Program The Thinning masih dilakukan meski orang - orang tidak mengetahui bahwa anak - anak yang gagal masih hidup dan mereka diberikan harapan palsu untuk dapat kembali ke masyarakat sebagai seorang yang terpilih. 

 

Sinopsis

 

Informasi yang disampaikan ke masyarakat mengenai para siswa yang gagal adalah mereka semua telah wafat. Bahkan Gubernur Dean Redding percaya bahwa Blake telah wafat. Pemakaman pun telah dilakukan dan disaksikan oleh banyak orang.

 

Dean Redding mengundang Laina untuk datang ke kantornya. Dirinya meminta Laina untuk menjadi penasehat di tempatnya. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan tujuannya menjadi pemenang dalam pemilihan presiden. Laina menolak mengingat apa yang telah terjadi padanya dalam program tersebut.

 

Rahasia Program The Thinning

 

Dalam perjalanan pulang yang diantar oleh salah satu staf Redding, Jack. Laina beserta adik - adiknya dibius hingga tidak sadarkan diri. Laina terbangun dan melihat Cole guru dari adik - adiknya berada di tempat tersebut bersama dengan Jack. Mereka ternyata merupakan kelompok yang menentang The Thinning.


The Thinning - New World Order (2018)

Kelompok penentang ini bekerja secara diam - diam untuk mencari informasi yang bisa mereka gunakan untuk menghentikan program tersebut. Laina diminta untuk bergabung dan menjadi penasehat dari Dean Redding. Hal ini agar Laina dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari dalam.

 

Kellan saat ini bekerja di BNC News dan menangani mengenai berita The Thinning. Dalam riset yang dilakukan, dirinya mengetahui bahwa tidak ada satupun yang melihat mayat Blake secara langsung. Kellan dan Laina mendatangi pemakaman Blake dan membongkarnya untuk mendapati peti mati Blake dalam keadaan kosong.

 

Sedangkan Blake yang dibawa bersama dengan para murid yang gagal terbangun disebuah ruangan bawah tanah. Dalam ruangan tersebut mereka diberitahukan bahwa mereka adalah orang - orang yang terpilih dan dibiarkan hidup. Mereka juga diberi kesempatan untuk memperbaiki dirinya dan membuat dirinya menjadi 'Worthy'. Mereka dapat diperkenalkan kembali ke masyarakat jika masuk dalam kategori tersebut.


The Thinning - New World Order (2018)
 

Para murid diminta untuk bekerja di bawah Assura Global Product yang membuat perangkat yang digunakan dalam program The Thinning. Setiap murid dibagikan tugasnya masing - masing. Saat itu, Blake tidak sengaja melihat Ellie dan mencoba untuk mendekatinya. Ternyata keadaan di bawah tidak seperti yang dibayangkannya. Dengan tindakannya yang gegabah membuat dirinya terus mendapatkan masalah.

 

Apakah rahasia The Thinning akan terbongkar?

 

Ulasan

 

Film ini merupakan sekuel kedua dari film The Thinning (2016). Masih dengan lanjutan ide cerita yang sama mengenai program Thinning dimana para siswa akan mengikuti tes seleksi dan yang gagal akan di eksekusi. Hanya saja film The Thinning - New World Order ini tidak bisa ditonton secara terpisah. Mau tidak mau penonton dituntut untuk menonton sekuel pertama agar bisa memahami jalan cerita.

 

Dibandingkan dengan sekuel pertama, ide cerita yang ditampilkan tidak sebagus sekuel pertama. Pada sekuel kedua ini cerita tidak terlalu fokus dengan program The Thinning tersebut. Banyak adegan yang menurut saya tidak ada esensinya. Terlebih adegan 18+ yang menurut saya benar - benar tidak ada fungsinya dan bisa dihapuskan saja.

 

Jika cerita kembali difokuskan pada inti cerita yaitu mengenai perjuangan Laina dan Blaike untuk mengungkapkan rahasia dibalik The Thinning, cerita mungkin akan lebih menarik. Sedangkan di sekuel kedua ini alur terkesan terburu - buru dan patah - patah. Cerita sedikit terasa hampa. Penulis script mungkin ingin menunjukkan konflik dari POV Blake yang ada di bawah tanah, tetapi malah menjadikan konflik tersebut terasa seperti tidak ada hubungannya dengan cerita utama.

 

Blake yang baru saja sampai di ruang bawah tanah terlalu fokus dengan Ellie dan kisah cintanya. Bahkan melakukan hal - hal gegabah yang membahayakan dirinya dan Ellie. Sedangkan menurut saya akan lebih menarik jika karakter Blake terbentuk secara perlahan. Blake dapat tinggal di tempat tersebut sambil mengamati keadaan sekitar. Mencari informasi dan memahami yang terjadi tempat tersebut. Baru mencari strategi untuk bisa kabur.

 

Dibandingkan dengan kisah cerita yang nanggung dari Ellie dan Blake, yang membuat konflik terasa tidak menarik. Adegan Laina yang fokus dengan cara dia untuk membuka rahasia lebih menarik untuk ditonton. Sayangnya cerita dari sisi Laina lebih sedikit dibandingkan dengan sudut pandang Blake. Dibandingkan sekuel pertama, cerita di sekuel kedua benar - benar tidak terasa adrenalinnya.

 

Akhir cerita pada film ini berbentuk akhir cerita terbuka. Berdasarkan informasi akan dibuatkan sekuel ketiga yang merupakan lanjutan cerita. Sekuel yang direncanakan dipublish pada tahun 2021 tersebut terkendala karena tokoh utamanya Logan mengalami beberapa kontroversi yang membuat dirinya bermasalah dengan Youtube. Sehingga belum diketahui tanggal pasti dari rilis sekuel ketiga. Namun, saya harap sekuel ketiga dapat memberikan sajian yang lebih menarik dan ending yang tidak mengecewakan.

(Aluna)

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar