Review Unintended (2018) - Kenangan Terlupakan yang Kembali Menghantui

 


Unintended | 2018 | 1h 32m

Genre : Drama, Thriller| Negara: US

Director: Anja Murmann| Writers: Anja Murmann

Pemeran: Elizabeth Lail, Hannah Westerfield, Nathan Keyes, dll

IMDB : 5.5/10

Tomatometer : -%

My Rate : 7/10

 

Ingatan Lea tentang kemungkinan dirinya telah membunuh seseorang di masa lalu kembali muncul, dirinya pun pergi ke kampung halamannya untuk mencari kebenaran.

 

Sinopsis 

 

Lea adalah sosok gadis remaja yang memiliki kepribadian bebas dan ceria. Dirinya tinggal di sebuah kota yang dipenuhi dengan hutan dan sungai yang indah. Namun, Lea harus meninggalkan semua itu karena orang tuanya akan pindah ke Houston.


Unintended
Lea yang bermain di hutan
 

Sehari sebelum kepergiannya, dirinya tidak sengaja bertemu dan berkenalan dengan Bill. Bill mengikuti Lea hingga ke sebuah rumah pohon yang biasa digunakan oleh para pemburu. Di tempat itulah Lea biasa bermain dengan boneka - bonekanya. Lea selalu menyembunyikan tangga yang digunakannya di dalam rerumputan.

 

Lea mengetahui bahwa kepindahannya dikarenakan hubungan orang tuanya yang tidak harmonis. Keesokan harinya saat persiapan pindah, Lea ingin mengambil barangnya yang ada di rumah pohon. Namun, Lea tidak menemukan tangga tersebut dan berpikir bahwa Bill yang menyembunyikannya.

 

Lea mendatangi rumah Bill dan melihat Bill pergi ke arah hutan. Bill sedang berlatih senjata api terkejut dengan kehadiran Lea. Pertengkaran pun terjadi, Lea tidak sengaja menembakkan senjata api dan membuat Bill jatuh ke dalam tambang tua.


Unintended
Lea sedang mencari Bill di dalam tambang tua

 

Lea mencoba untuk mencari bantuan. Lea pergi ke rumah Bill tetapi tidak ada yang mempercayainya. Dirinya mencoba untuk ke tempat Sam, tetapi Sam tidak berada di rumah. Sedangkan saat dirinya kembali ke rumah, dirinya telah kelelahan dan jatuh pingsan. Meninggalkan Bill yang tidak tahu bagaimana keadaannya di dalam tambang tersebut.

 

Ingatan yang kembali

 

Lea bekerja sebagai seorang translator di New York. Dirinya bergantung dengan obat - obatan untuk melupakan kejadian trauma yang dialaminya tersebut. Namun, entah mengapa ingatan tentang hari itu kembali muncul dan menjadi mimpi buruk baginya. Kehidupannya kacau dan dirinya pun tidak dapat mengendalikan diri.

 

Lea jatuh pingsan dan dibawa ke rumah sakit. Ayahnya mencoba untuk mengajaknya mengunjungi kota lama mereka. Lea awalnya menolak, tetapi akhirnya menyetujui untuk kembali kesana.

 

Ingatan itu makin jelas terlihat. Lea pun mengunjungi Sam. Sam terkejut dengan kedatangan Lea yang berantakan. Mereka pun mencoba untuk mencari tahu kebenaran dari ingatan Lea.

 

Apakah kebenaran yang sebenarnya terjadi?

 

Ulasan

 

Film Unintended memiliki ide cerita yang menarik yang bisa dieksplore dengan lebih baik lagi. Di awal film, penonton di arahkan untuk memiliki ingatan yang sama dengan Lea sebagai tokoh utama. Dalam hal ini, Unintended dibangun dengan pondasi cerita yang cukup kuat. Meski tidak ada kejelasan mengenai asal usul atau latar belakang dari masing - masing tokohnya.

 

Sayangnya cerita berjalan dengan cukup lambat dan tidak ada konflik atau adegan yang dapat memicu adrenalin dari penonton. Konflik dan cerita yang tidak terbangun dengan baik membuat semuanya terasa nanggung dan membosankan. Padahal menurut saya, konflik batin atau psikologi dari Lea bisa menjadi suatu peluang daya tarik dari film ini menjadi lebih baik.

 

Plotwist yang ditawarkan juga merupakan ide yang cukup baik. Namun tidak diselesaikan dengan lebih bermakna. Lebih kurang memang masih banyak sisi yang dapat ditingkatkan kembali dari film ini.

 

Adegan yang cukup berkesan adalah saat Lea telah mengingat semua hal yang dilakukannya di masa lalu. Dirinya tidak sengaja mengingat semua kejadian secara detail. Pada saat itulah seperti semua hal yang disimpannya tertumpahkan dalam bentuk tangisan yang sejadi - jadinya. Disinilah sosok Lea terlihat melepaskan beban yang selama ini disimpannya.


Unintended
Lea yang menangis di hadapan Sam

 

Awalnya setelah semua terungkap sedikit demi sedikit, saya berpikir Lea tidak akan lagi di hantui oleh masa lalu. Namun, entah mengapa rasanya ketakutan dan mimpi buruknya terus menghantuinya. Lea seperti belum selesai dengan dirinya sendiri dan terus menerus merasa bersalah.

 

Hal menarik lainnya adalah pembangunan karakter Lea yang tadinya amat ceria dan bebas, berubah menjadi seorang yang pendiam dan kacau. Ingatannya yang terus ditekan membuat hidupnya kacau. Namun, alasan ingatan itu kembali muncul juga tidak terlalu dijelaskan. Harusnya dibuat satu adegan dimana sesuatu mungkin menjadi trigger dari ingatan tersebut.

 

Pesan dalam Film Unintended

 

"I don't wanna be married to you anymore."

 

Lea tidak sengaja mendengar pertengkaran orang tuanya. Namun, ayahnya masih meyakinkannya bahwa mereka masih akan memperjuangkan hubungan tersebut. Hanya saja tidak bagi ibunya. Ibunya telah memilih untuk mengakhiri kehidupan pernikahan mereka dan pergi bersama pria lain.

 

Dalam pernikahan hal pertama yang membuat hubungan itu terwujud adalah sebuah komitmen. Maka saat kita memutuskan untuk berkomitmen seharusnya tidak akan ada yang bisa membuat kita melukai pasangan kita masing - masing. Bahkan memilih untuk meninggalkan mereka demi orang lain. Penting bagi sepasang suami istri menyadari hal tersebut.

"I don't like to burden them"

 

Lea yang tidak dipercaya atas apa yang dialaminya memilih untuk menekan ingatannya dan meminum obat - obatan. Dirinya tidak ingin lagi mengikuti therapy yang tidak menyelesaikan masalahnya. Sejak kejadian tersebut dia memilih untuk menjadi penyendiri dan memutus komunikasi dengan semuanya.

 

Hal ini dilakukan karena Lea tidak ingin menjadi beban bagi orang yang dikenalnya. Padalah sesungguhnya jika seseorang yang tulus kepada kita, tidak akan merasa permasalahan yang kita ceritakan adalah beban. Mereka malah dengan senang hati mendengarkan setiap keluh kesah kita. Sehingga jangan pernah menyimpan permasalahanmu sendiri dan berakhir buruk.

 

"They insisted it was my imagination"

 

Awal trauma yang dirasakan Lea karena tidak ada seorang pun yang percaya dengan cerita tentang kejadian hari itu. Semua menganggap hal tersebut hanyalah imajinasi dari Lea yang digunakan sebagai alasan agar tidak pindah dari kampung halamannya. Hal ini membuat dirinya ragu dengan ingatannya sendiri.

 

Keraguan tersebut mempengaruhi mental Lea dan kehidupannya. Banyak orang dewasa yang sering kali tidak mendengarkan atau mempercayai cerita yang disampaikan oleh anak - anak. Hal itu bisa membuat mereka menjadi tertutup dan tidak ingin bercerita. Padahal sebaiknya apapun yang mereka ceritakan harus didengarkan dan dikonfirmasi kebenarannnya. Perihal jika memang hal itu tidak benar, yang penting kita telah mencoba mengonfirmasinya.

 

"I guess I just wanna you to be aware of me"

 

Bill menyembunyikan tangga milik Lea hari itu karena ketertarikannya terhadap Lea. Dirinya berharap dengan yang dilakukannya membuat Lea menyadari keberadaannya. Padahal hal tersebut adalah hal yang buruk.

 

Pada kenyataannya banyak anak yang mencoba untuk mencari perhatian orang tuanya dengan cara melakukan kenakalan. Sehingga penting bagi kita untuk tidak langsung menghakimi tindakan yang dilakukan orang lain atau anak kita terhadap kita. Kita harus melihat dengan kepala dingin untuk mengetahui maksud dibalik kelakuan mereka.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film ini layak untuk ditonton. Meski bukan suatu film yang sempurna, tetapi dengan ide cerita yang cukup baik film ini masih layak untuk ditonton. Namun, jika kamu tidak suka film dengan tempo pelan, kemungkinan besar akan merasa sedikit bosan.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar