Review Film The Witness (2019) - Sebuah kesaksian yang diabaikan


The Witness (Original title: Mienai mokugekisha) | 2019 | 2h 8m

Genre : Crime, Thriller | Negara: Japan

Director: Jun'ichi Mori | Writers: Kiyomi Fujii, Jun'ichi Mori

Pemeran: Riho Yoshioka, Mahiro Takasugi, K├┤dai Asaka, dll

IMDB : 6.4/10

Tomatometer : -%

My Rate : 8/10

 

Natsume menjadi saksi dalam kasus penculikan, tetapi karena kondisinya yang tidak dapat melihat membuat para polisi meragukan kesaksiannya.

 

Sinopsis

 

Natsume Hamanaka (Riho Yoshioka) baru saja lulus dari akademi kepolisian. Namun, sehari sebelum pelantikannya, dirinya bersama adik laki - lakinya mengalami kecelakaan mobil. Dari kecelakaan tersebut menyebabkan adik laki - lakinya tidak dapat terselamatkan dan Natsume kehilangan penglihatannya.

 

Natsume berhenti dari kepolisian dan menjadi seorang penerjemah. Meski dirinya masih sulit untuk menerima keadaan tersebut. Natsume masih menyalahkan dirinya sendiri akibat kejadian tersebut.

 
Sebuah kesaksian

 

Natsume tidak sengaja menjadi saksi dalam sebuah kasus penculikan. Dalam perjalanan pulang dari kuburan adiknya, dirinya mendengar sebuah tabrakan yang terjadi di sebuah lorong. Saat itu seorang pria yang sedang bermain skateboard tidak sengaja tertabrak oleh sebuah mobil.

 

Natsume yang khawatir mendatangi lokasi kejadian dan menemukan mobil pelaku penabrakan. Dirinya mendengar suara minta tolong dari dalam mobil tersebut dan mencium bau alkohol. Mobil tersebut telah menculik seorang remaja bernama Reisa. Berdasarkan hal tersebut dirinya melaporkan kejadian itu ke kepolisian.

 

Kepolisian tidak menerima laporan tersebut dengan serius karena melihat kondisi Natsume yang tidak dapat melihat. Sehingga kesaksiannya dinyatakan tidak valid. Polisi juga memanggil saksi lain, pria yang bermain skateboard, Haruma Kunisaki (Mahiro Takasugi). Namun, kesaksian Haruma membuat kesaksian Natsume makin diragukan.


The Witness
Natsume dan Haruma
 

Polisi juga mencari identitas Reisa melalui daftar orang hilang. Namun, tidak ditemukan satu informasi pun. Kondisi Natsume yang juga sedang dalam pengobatan psikiatris membuat para polisi makin menganggap remeh kesaksiannya.

 

Natsume menemui Haruma untuk menanyakan kesaksiannya. Kegigihan dan keyakinan Natsume atas kejadian yang disaksikannya membuat Yuichi Kimura (Tomorowo Taguchi), polisi yang bertanggung jawab pada kasus tersebut, menjadi penasaran. Haruma pun akhirnya memutuskan untuk membantu Natsume mencari informasi mengenai gadis tersebut.

 

Akankah mereka berhasil menyelamatkan Reisa?

 

Ulasan

 

Film The Witness adalah sebuah film yang di remake dari film korea berjudul Blind (2011). Ide cerita yang disajikan cukup menarik dan mungkin saja terjadi di masyarakat. Kesaksian dari seorang yang disabilitas sering kali dianggap tidak valid dari kepolisian. Padahal bisa menjadi saksi kunci atas suatu pemecahan kasus.

 

Akting dari para pemain cukup baik. Pengambilan gambar, editing, pemilihan sound dan musik, cukup baik dan berhasil mendukung setiap adegan di dalam film tersebut. Hal menarik lainnya dalam film ini penonton juga diajak untuk melihat dari sudut pandang Natsume. Terdapat adegan yang menggambarkan sudut pandang penglihatan Natsume.

 

Film ini berhasil menyajikan sajian misteri yang cukup baik. Jalan cerita tidak mudah ditebak, tetapi tetap nyaman untuk diikuti. Ending dari cerita ini bisa masuk dalam kategori Twist. Penonton dibawa ke sebuah kesimpulan yang benar - benar di luar dugaan. 

 

Adegan yang menurut saya cukup berhasil membuat saya merasa jengkel adalah saat para polisi tidak dengan serius menanggapi kesaksian Natsume. Sejak awal polisi memandang sebelah mata hanya karena kondisi Natsume saat itu. Namun, hal ini mungkin juga terjadi di dunia nyata, meski seharusnya sebagai seorang polisi tidak patut jika melakukan diskriminasi atau pengabaian terhadap laporan masyarakat.

 

Selain itu, seharusnya kepolisian berisikan orang - orang yang kompeten. Pelatihan yang ditunjukkan di awal film dimulai terlihat cukup keras. Namun, attitude dari sebagian besar polisi di dalam film ini tidak menggambarkan attitude yang ideal sebagaimana seharusnya. Hal ini seperti menggambarkan bahwa sisi psikologis dari para polisi kurang menjadi perhatian.

 

Adegan yang cukup mengesankan adalah saat Natsume melarikan diri dari pelaku penculikan. Dengan keterbatasannya dirinya sekuat tenaga tetap berusaha untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Meski seharusnya pelaku dapat dengan mudah menangkap Natsume.


The witness
Natsume dan anjingnya

 

Penghargaan saya berikan kepada Anjing dari Natsume yang dapat menunjukkan peran yang memukau. Dirinya menjadi peran yang cukup penting dalam pelarian Natsume. Anjing tersebut cukup terlatih dan pintar.

 

Pesan dalam The Witness

 

"Kita harus bergerak maju. Kau memiliki hidup untuk dijalani."

 

Natsume dan Ibunya mendatangi kuburan adiknya. Namun, karena rasa bersalahnya Natsume masih belum berani untuk mendatangi kuburan tersebut. Dirinya memilih untuk meninggalkan ibunya sendirian.

 

Kehilangan seorang yang kita sayangi pasti membuat luka yang membekas pada diri kita. Terlebih jika kejadian tersebut terjadi di hadapan kita. Namun, kita tidak seharusnya tenggelam dalam duka terus menerus. Masih ada kehidupan yang harus kita jalani. Bukan berarti melupakan, tetapi kita harus kembali bangkit untuk kehidupan.

 

"Polisi tidak bisa diandalkan, jadi kami berdua akan membantu"

 

Haruma menjadi target pembunuhan sang pelaku, karena Haruma memposting mengenai pelaku di internet. Meskipun dalam keadaan terluka, Haruma sangat ingin bisa memecahkan kasus tersebut. Haruma tidak terlalu percaya dengan kemampuan kepolisian.

 

Dalam kehidupan nyata banyak orang yang skeptis dengan kemampuan polisi dalam memecahkan sebuah kasus. Belakangan banyak masyarakat yang merasa lebih berguna dengan mengangkat kasus yang mereka alami ke media sosial. Perhatian masyarakat yang tinggi atas kasus yang viral di media sosial membuat kasus tersebut lebih cepat terpecahkan.

 

"Kau sangat berani, jadi kau bisa melakukannya."

 

Setelah dikejar oleh pelaku penculikan tersebut membuat Natsume dan anjingnya terluka. Hal ini juga mempengaruhi mentalnya dan membuat dirinya terpuruk. Namun, Haruma mengingatkan tentang apa yang telah dilakukan dan dilakui Natsume sejauh itu demi memecahkan kasus tersebut.

 

Keterbatasan yang dimiliki seseorang bukan menjadi suatu penghalang dalam hidup. Memang hal tersebut pastinya menimbulkan kesulitan tersendiri dibandingkan dengan orang lain. Namun, dengan tekad yang kuat, keterbatasan tersebut dapat dilalui dengan baik.

 
Layak ditonton atau tidak?

Film The Witness merupakan film yang layak untuk ditonton. Film ini memiliki jalan cerita yang menarik dan penuh misteri, cocok untuk kamu yang menyukai film bertema misteri.

 

Quote

Aku sudah sangat dekat.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar