Review The 12th Suspect (2019) - Mencari dalang sebuah pembunuhan


The 12th Suspect| 2019 | 1h 46m

Genre : Crime, Drama, History| Negara: South Korea

Director: Myoung-Sung Ko | Writers: Myoung-Sung Ko

Pemeran: Kim Sang-kyung, Heo Sung-tae, Kim Dong-young, dll

IMDB : 5.7/10

Tomatometer : -%

My Rate : 10/10'

 

Seorang detektif militer, Kim Ki-Chae, masuk ke dalam Oriental Café untuk mengungkap siapa dalang dibalik kasus pembunuhan yang menggemparkan dan siapapun yang terlibat tak akan luput dari pengawasannya.

 

Sinopsis

 

Di sebuah Oriental Café beberapa pelanggan sedang bersantai menikmati kopi mereka masing - masing. Café tersebut dikelola oleh sepasang suami istri yang juga terlihat dekat dengan para pelanggannya. Para pelanggan tersebut kebanyakan adalah seorang cendekiawan seperti profesor atau penulis.

 

Salah satu pelanggan pun datang dengan membawa kabar yang mengejutkan dimana Baek Do Hwan, seorang cendekiawan lainnya ditemukan tewas di Namsan. Sebuah telepon misterius di terima oleh istri dari pemilik Café. Secara tiba - tiba seseorang yang tidak familiar masuk ke dalam café tersebut.

 

Penyelidikan atas misteri pembunuhan

 

Pengunjung misterius itu ternyata adalah Kim Ki Chae (Kim Sang-Kyung) yang merupakan seorang detektif dan intel militer. Dirinya yang tidak sengaja mendengar percakapan para pelanggan mengenai kematian Baek Do Hwan, mencoba untuk ikut serta dalam percakapan yang terjadi. Terlebih kabar dimana Baek Do Hwan juga merupakan pelanggan di café tersebut, membuat Kim Ki Chae menjadi lebih tertarik.


The 12th Suspect
Kim Ki Chae sedang melakukan interogasi

 

Ki Chae mencoba mencari tahu mengenai Do Hwan dengan bertanya dengan beberapa pelanggan yang ada di café tersebut. Namun, makin lama Ki Chae terlihat  mencurigakan dengan menyudutkan para pelanggan seperti menuduh bahwa mereka pelakunya. Saat itu dirinya mengungkapkan sebuah kasus pembunuhan lainnya yang membuat kaget para pelanggan.

 

Ki Chae menyebutkan nama Choi Yoo Jung (Han Ji-An). Para pelanggan merasa bahwa tidak mungkin Yoo Jung melakukan pembunuhan tersebut. Namun, ternyata Yoo Jung juga merupakan korban tewas yang ditemukan bersama dengan Bo Hwan. Siapakah pembunuh dan dalang sebenarnya dalam kasus ini?

 

Ulasan

 

The 12th Suspect mengambil latar waktu tahun 1953 yaitu saat masa setelah peperangan di Korea. Ide yang ditampilkan cukup menarik dimana menitikberatkan pada target utamanya kepada para Cendekiawan. Hal ini sering terjadi di beberapa film yang berkaitan dengan peperangan seperti pada film Our Time Will Come (2017).

 

Cendekiawan dianggap sebagai seorang yang mungkin saja dapat mempengaruhi pemikiran masyarakat terhadap pemerintah. Mereka biasanya membuat tulisan yang dibagikan atau disebarkan kepada masyarakat. Hal ini yang membuat para Cendekiawan sering menjadi target penangkapan dalam perang.

 

Dengan latar waktu pada masa lampau, film ini berhasil menampilkan hal tersebut melalui komposisi warna, setting, style yang digunakan para pemain, dan komponen lainnya. Sebagai contoh penggunaan warna Sephia untuk memperlihatkan suasana lampau dan penggunaan telepon putar sebagai properti. Tidak luput beberapa detail lainnya yang ditampilkan dalam layar.

 

Meski demikian, terdapat beberapa detail yang menurut saya masih kurang tepat. Kim Ki-Chae mendatangi tempat tersebut dengan membawa barang bukti sebuah pistol. Namun, dirinya membawa pistol tersebut tanpa bungkus apapun dan memegangnya begitu saja. Seharusnya sebagai barang bukti jika memang tidak dibungkus plastik minimal di pegang dengan benda pembungkus lainnya. Hal itu bisa menambah misteri saat benda tersebut dikeluarkan.

 

Latar tempat utama yang digunakan tidak banyak. Saat menonton film ini saya merasa seperti sedang menonton sebuah teater drama di atas panggung. Fokus utama hanya menggunakan ruangan di café tersebut dan interaksi antar pemain saling bergantian. Meski beberapa kali latar tempat berubah hanya untuk memperkuat cerita dari para tokoh. Namun hal ini menjadi suatu hal yang cukup menarik. 

 

Cerita disajikan dalam penuh misteri dan tidak mudah untuk ditebak. Bahkan penonton juga dibuat merasakan twist dari cerita yang ada. Bisa dibilang penulis naskah film ini bekerja cukup baik. Di bantu pula dengan akting dari para pemain yang cukup baik.

 

Ending cerita lebih mengarah pada Cliffhanger. Meski beberapa twist terjadi di dalam cerita. Namun, di akhir cerita saya tidak begitu yakin apakah kesimpulan yang diambil benar atau tidak. Saya masih belum bisa membedakan siapa yang salah dan benar di antara para tokoh. Penonton ditinggalkan untuk mengambil persepsi sendiri dalam hal ini.

 

Adegan yang mengesankan adalah saat Kim Ki-Chae mengungkapkan kasus pembunuhan kedua di hadapan para pelanggan. Ekspresi dari para pelanggan yang terkejut ditambah dengan musik yang penuh misteri membuat penonton dapat merasakan perasaan takut dan gugup dari para tokoh.  Perlu perhatian terdapat beberapa adegan kekerasan di dalam film ini.

 

Pesan dalam Film The 12th Suspect

 

"Aku terpaksa demi bertahan hidup."

 

Kim Ki Chae menginterogasi satu persatu orang yang ada di sana dan mengetahui bahwa mereka melakukan tindakan 'penghianatan' negara. Mereka mengaku bahwa mereka melakukan hal tersebut di bawah ancaman demi bisa bertahan hidup. Kejadian seperti ini mungkin kita temukan di kehidupan nyata dimana mereka rela melakukan apapun demi bisa bertahan hidup.

 

Menurutmu apakah melakukan segala sesuatu demi bisa bertahan hidup merupakan suatu yang salah? Jika termasuk di dalamnya harus melakukan suatu tindakan yang salah? Atau kamu rela mati demi kebenaran?


"Kamu hanya ingin melindungi masa lalumu yang kotor"

 

Kim Ki Chae telah merencanakan agar orang di kafe tersebut menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan yang terjadi. Hal ini dilakukannya demi menutupi masa lalunya dimana menyetujui anak di bawah umur untuk mengikuti perang. Namun dari sudut pandang para cendekiawan mereka berjuang untuk memberitahukan sejarah yang sebenarnya kepada masyarakat.

 

Sulit untuk mengetahui yang mana yang benar dan mana yang salah atas suatu hal. Begitu banyak sudut pandang dan narasi yang harus di analisa kembali untuk bisa melihat kebenaran dengan nyata. Perbedaan sudut pandang dapat mempengaruhi kita dalam melihat suatu permasalahan.

 
Layak ditonton atau tidak?

 

The 12th Suspect merupakan film yang layak untuk ditonton terutama bagi sineas yang menyukai film teka teki penuh misteri. Film ini bisa menjadi salah satu film yang diperhitungkan. Bahkan saya juga merasa film ini juga memiliki suatu daya tarik yang tak akan membuat kita menonton berulang kali.w

 

Quote

 

"Jangan berpura - pura mencintai negara"

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar