Review Film Horse Girl (2020) - Konspirasi Penculikan Alien dan Kloning


Horse Girl | 2020 | 1h 43m

Genre : Drama, Mystery, Thriller| Negara: US

Director: Jeff Baena | Writers: Jeff Baena, Alison Brie

Pemeran: Alison Brie, Molly Shannon, Goldenite, dll

IMDB : 6/10

Tomatometer : 71%

My Rate : 9/10

 

Kehidupan sosial Sarah mulai bercahaya, tetapi tiba-tiba semuanya kembali menjadi gelap saat kecemasan yang tidak wajar mulai dirasakannya.

 

Sinopsis Film Horse Girl

 

Sarah (Alison Brie) bekerja di sebuah toko kerajinan. Meski dirinya selalu berusaha untuk terlihat ceria dan baik - baik saja dihadapan rekan kerjanya, Joan, tetapi Sarah sebenarnya memiliki kepribadian yang pemalu dan pendiam. Sarah sulit untuk bergaul dan berteman dengan orang lain.


 

Di waktu luangnya, Sarah menyempatkan diri untuk pergi ke kandang kuda dimana kudanya terdahulu berada. Kuda tersebut bukan lagi miliknya, tetapi Sarah tetap menaruh perhatian terhadap kuda tersebut. Namun, hal itu ternyata terkesan amat mengganggu bagi pemilik kandang kuda dan pengendara kuda tersebut.

 

Sarah yang tinggal bersama dengan Niki (Debby Ryan), lebih suka menyendiri dan menikmati kesendiriannya. Namun, Niki merasa kasihan melihat Sarah yang selalu sendiri terutama saat ulang tahunnya. Niki mencoba membuat pesta kecil yang mengundang teman pacarnya.

 

Perubahan dalam hidup

 

Pesta ulang tahun tersebut berjalan dengan lancar. Sarah dan Darren, teman pacar Nikki, memiliki hubungan yang baik dan mulai muncul percikan cinta di antara keduanya. Hingga sebuah mimpi misterius muncul di dalam tidur Sarah.

 

Sarah merasa melihat pria yang ada di dalam mimpinya di kehidupan nyata. Dirinya juga mulai mendengar suara - suara yang aneh. Hal terburuk adalah dirinya merasa tidak mengingat hal-hal yang dilakukannya untuk beberapa waktu. Sarah curiga bahwa dirinya mulai mengalami gangguan mental seperti ibunya.

 

Kejadian yang dialami Sarah makin lama makin parah. Dirinya tidak sadar tidur sambil berjalan bahkan sampai meninggalkan rumah. Mimpi tersebut juga makin terlihat nyata. Sarah mencari tahu lebih lanjut mengenai apa yang dialaminya hingga dirinya mendapatkan informasi mengenai sebuah konspirasi mengenai 'penculikan alien'.

 

Apa yang sebenarnya terjadi pada Sarah?

 

Ulasan Film Horse Girl

 

Horse Girl adalah sebuah film Netflix yang bergenre Psychological Drama dimana mengangkat tema mengenai kesehatan mental. Alison Brie sebagai tokoh utama  dalam film ini juga bertindak sebagai co-written. Alison mengatakan bahwa cerita dalam film ini serupa dengan kisah hidupnya yang belum pernah dipublikasikan.

 

Alison mengalami depresi dan neneknya memiliki pengalaman paranoid schizophrenia. Hal ini yang juga diperlihatkan dalam film Horse Girl. Saat membaca judul film ini saya tidak berekspektasi bahwa film ini akan menyajikan cerita yang penuh makna. Film ini juga masuk dalam Top 100 Most Popular Narrative & Animated Feature ReFrame.

 

Akting dari Alison cukup baik, dengan pengalamannya menghadapi penyakit mentalnya sendiri, Alison dapat merepresentasikannya dengan baik ke dalam tokoh Sarah. Dari gerakan, ekspresi wajah, dan cara dirinya bersikap dapat membuat penonton memahami dengan baik tokoh yang diperankannya. Ditambah lagi pemilihan sound dan musik yang amat mendukung tiap adegan tersebut.

 

Perlu diperhatikan dalam film ini terdapat adegan telanjang, seks, narkoba, dan minuman keras. Sehingga diharapkan sineas dapat bijak dalam menonton dan tidak diperuntukkan bagi yang di bawah umur. Adegan tersebut menurut saya masih disajikan dalam batas wajar dan sesuai dengan cerita.

 

Cerita dari film ini mungkin akan sedikit membingungkan dengan adegan yang mungkin di luar nalar. Sehingga dalam menonton film ini perlu konsentrasi penuh. Namun, Alison sendiri mengatakan bahwa kebingungan tersebut memang sengaja ditampilkannya dalam film.

 

Ending dari cerita ini berbentuk cliffhanger. Penonton diminta untuk menafsirkan sendiri kisah akhir dari cerita ini. Saya tidak dapat menyimpulkan apakah hal tersebut happy atau sad ending. Tergantung dari sisi mana kita melihat akhir cerita tersebut.

 

Adegan yang amat menarik adalah saat Sarah membawa Darren ke kuburan ibunya untuk mengambil DNA dari mayat ibunya. Dalam adegan ini ekspresi dari Sarah benar - benar menunjukkan kegelisahan dan semua konspirasi yang ada di otaknya. Adegan ini terasa begitu intens ditambah lagi dengan musik yang cukup menggambarkan keanehan yang terjadi.

 

Pesan dalam Film Horse Girl

 

"Ini terdengar sangat gila, tapi terasa sangat nyata bagiku."

 

Setelah semua yang terjadi, Sarah dibawa ke rumah sakit jiwa. Dalam adegan ini dirinya sedang mengutarakan semua yang dialaminya kepada konselor rumah sakit tersebut. Sarah menganggap bahwa yang dirasakan dan diyakininya merupakan sebuah kebenaran.

 

Banyak hal yang terjadi di sekitar kita dan tidak benar - benar bisa kita pahami. Terlebih saat seseorang mengalami gangguan mental, kita tidak boleh serta merta merendahkan apa yang mereka rasakan. Sebab apa yang mereka rasakan, terasa nyata dan merupakan suatu yang amat penting bagi mereka.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film Horse Girl merupakan film yang 100% layak untuk ditonton bahkan ditonton ulang. Film ini direkomendasikan untuk para sineas yang menyukai film dengan tema psychology drama. Penyajian yang cukup menarik bisa membuat penonton penasaran.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar