Review Film I Remember (2020) - Kenangan Indah yang Terlupakan


 I Remember (Original title: 明天你是否依然爱我) | 2020 | 1h 39m

Genre : Drama, Romance| Negara: China

Director: Nan Zhou | Writers: Feifei Wang, Yunhai Zhou

Pemeran: Angelababy, Denny Huang, Hong-Chi Lee, dll

IMDB : 6.9/10

Tomatometer : -%

My Rate : 8/10

 

Li Fei hanya punya 1 hari untuk menunjukkan cintanya dan memberikan kebahagiaan pada Xi Man, gadis pujaan yang telah lama ada di hatinya, meski kenangan itu akan terlupakan.

 

Sinopsis Film I Remember

 

Li Fei (Hong Chi Lee) bekerja sebagai staff IT di kantornya. Bagian IT bukanlah bagian yang terkenal, karena penampilan mereka yang biasa saja bahkan terkesan berantakan. Meski banyak orang yang membutuhkan bantuan Li Fei, tetapi tidak banyak orang yang mengenal dan mengetahui namanya. Hingga suatu hari, seorang pegawai wanita baru muncul dan menjadi orang pertama yang memanggil namanya.

 

Xi Man (Angela Baby) meminta bantuan Li Fei untuk memunculkan kembali datanya yang hilang di komputernya pada hari pertamanya bekerja. Saat itu Xi Man berterima kasih dengan menyebutkan nama Li Fei yang dilihatnya dari kartu pengenal. Li Fei merasa begitu bahagia saat seseorang mengenalnya dan inilah yang membuatnya jatuh cinta pada Ximan.

 
Mencintaimu dalam diam

 

Sejak pertemuan tersebut Li Fei terus memperhatikan Xi Man secara diam - diam. Meski menyukainya, Li Fei tidak berani untuk mendekati atau memperlihatkan rasa sukanya secara langsung. Hingga suatu hari dirinya melihat Xi Man dengan pimpinan perusahaannya, Dou Peng (Denny Huang) menjalin hubungan asmara.


明天你是否依然爱我
Xi Man membantu Li Fei di kantor
 

Dou Peng mengadakan perjalanan dinas kantor untuk seluruh karyawan ke Finlandia. Perjalanan dinas ini sebenarnya untuk mewujudkan keinginan Xi Man pergi kesana dan berharap menjadi perjalanan yang indah bagi mereka berdua. Xi Man yang begitu bahagia sampai membuatkan itinerary perjalanan mereka disana.

 

Sebuah kejadian tidak terduga terjadi, Istri Dou Peng datang menyusul bersama dengan anaknya. Xi Man terlihat begitu sedih sejak kedatanngan mereka. Perjalanan pun terpaksa dihentikan lebih cepat karena hal tersebut. Namun, Xi Man memilih untuk tinggal dan tidak ikut serta dalam kepulangan.

 

Li Fei tidak tega meninggalkan Xi Man sendirian dan memilih untuk tinggal. Li Fei menemukan Xi Man yang mengalami kecelakaan di gunung salju. Kecelakaan ini membuat Xi Man hilang ingatan sementara. Li Fei ingin membuat Xi Man bahagia meski hanya sehari. Dirinya mengaku sebagai Dou Peng, pacar Xi Man untuk bisa pergi bersama dan mewujudkan perjalanan yang indah bagi Xi Man.

 

Apakah Xi Man akan percaya?

 

Ulasan Film I Remember

 

Film I Remember merupakan sebuah remake dari Film Thailand 'One Day'. Meski memiliki garis besar cerita yang hampir sama, tetapi terdapat perbedaan dalam segi penyajian. Ide cerita yang ditampilkan cukup menarik dan masuk akal, karena menggunakan referensi penyakit yang benar ada di dunia nyata.

 

Pada awal film/intro terdapat sebuah gambar animasi mengenai cerita yang disajikan. Animasi tersebut cukup bagus dan ditambah dengan pemilihan musik dan lagu yang juga baik. Sinematography dari segi pengambilan gambar dan editing juga cukup baik. Film ini juga memberikan effort yang cukup besar dengan pengambilan adegan di Finlandia dan penggunaan aktor luar sebagai figuran.

 

Tujuan utama dari itinerary yang dibuat oleh Xi Man adalah melihat Aurora. Li Fei berusaha keras agar impian tersebut terwujud. Hal ini mengingatkan saya pada film Snow Flower dimana cerita menitikberatkan pada keinginan tokoh untuk melihat Aurora di Finlandia.

 

Tokoh Li Fei digambarkan sebagai seorang yang jatuh cinta secara mendalam kepada Xi Man. Namun kebiasaannya untuk selalu memperhatikan segala hal gerak gerik Xi Man saat di kantor sebenarnya merupakan hal yang sedikit menakutkan. Hal ini mungkin sering dilakukan secara tidak sadar oleh kita saat memiliki seseorang yang kita sukai.

 

Akting dari para pemain menurut saya cukup baik terutama Hong Chi Lee. Dirinya berhasil memperlihatkan seorang pria yang culun dan tidak pandai bersosialisasi dengan cukup baik. Berbeda dengan akting di film lainnya, bahkan dari segi penampilan membuat pangling penonton.

 

Konflik yang disajikan juga tidak terlalu berlebihan. Penonton juga akan dapat menikmati setiap interaksi romantisme yang terjadi dan juga beberapa adegan lucu antara keduanya. Selain itu, penonton juga mendapatkan informasi baru mengenai penyakit TGA yang memang nyata adanya.

 

Adegan yang menarik saat Li Fei mencari keberadaan Xi Man setelah memutuskan untuk tinggal dan menemani Xi Man di Finlandia. Saat itu kita dapat merasakan adegan yang cukup intens dengan dukungan musik dan pengambilan gambar yang baik. Di tambah beberapa adegan menggunakan efek slow motion untuk menambah ketegangan tersebut.

 

Pesan dalam Film I Remember

 

"Data yang hilang seperti suatu hal yang kamu lupakan. Begitu menemui stimulan, dia akan diaktifkan sepenuhnya."

 

Xi Man ingin mengembalikan data yang terhapus. Li Fei membantunya untuk mengembalikan data tersebut. Li Fei percaya bahwa penyimpanan data hampir sama dengan otak manusia. Semua ingatan masih tersimpan dengan rapi meski mungkin terlupakan.

 

Pada dasarnya otak kita merekam semua hal yang terjadi pada diri kita. Meski mungkin kita merasa telah melupakannya. Namun, percayalah bahwa sebenarnya otak kita dapat memanggil kembali ingatan tersebut jika mendapatkan sebuah stimulus yang berkaitan. Sehingga buatlah kenangan indah sebanyak mungkin dan rekam di dalam otak kita.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film I Remember merupakan film yang layak untuk ditonton. Dengan ending yang happy ending dan adegan - adegan yang romantis di dalam film ini, cocok untuk para sineas yang sedang jatuh cinta atau menyukai cerita - cerita romansa.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar