Review Film Explosion (2017) - Menyelidiki kasus ledakan di sebuah pertambangan

 

Explosion

Explosion (Original title: Yin bao zhe)| 2017| 1h 46m

Genre : Action, Thriller | Negara: China

Director: Zheng Chang | Writers: Zheng Chang, Meng Li

Pemeran: Yihong Duan, Nan Yu, Jingchun Wang, dll

IMDB: 5.8/10

Tomatometer : -%

My Rate : 8/10

 

Zhao Xudong dijadikan kambing hitam atas ledakan yang terjadi di pertambangan tempat dirinya bekerja, membuat Xudong harus berjuang untuk mengungkapkan kebenaran dan juga menyelamatkan tunangannya dari bahaya. 

 

Peringatan:

Terdapat adegan sex, kekerasan, minuman keras, dan pembunuhan

 

Sinopsis:

Zhao Xudong (Yi Hong Duan) bekerja sebagai ahli ledak di sebuah pertambangan. Namun, suatu hari saat dirinya sedang bertugas, sebuah ledakan besar terjadi di pertambangan dan menelan 4 korban serta hampir merenggut nyawanya. Atas kejadian tersebut bos mereka, Li Yi, mengancam Xudong untuk tidak melaporkan kepada polisi dan memberinya uang tutup mulut. Hanya saja ternyata Xu Feng (Wang Jing Chun), teman Xudong sekaligus kepala polisi, mendatangi Xudong karena menemukan mayat salah satu penambang di sebuah bukit. Xudong menyembunyikan kejadian yang menimpanya karena sebelumnya Xu Feng pernah membuatnya masuk penjara.

 

Xudong yang masih merasa penasaran dengan ledakan yang terjadi tersebut akhirnya melakukan penyelidikan sendiri. Dirinya menemukan bahwa ledakan tersebut akibat manipulasi gel penahan dinamit yang diberikan oleh mandornya. Li Yi yang mengetahui hal tersebut langsung menghabisi mandornya dan merasa bahwa Xudong merupakan ancaman. Sebelum berhasil menghabisi Xudong, Li Yi dibunuh oleh pesaingnya, Cheng Fei (Cheng TaiShen). Semua kejadian tersebut membuat Xudong makin terpojok, polisi terus menuduh Xudong sebagai dalang semua kejadian dan mengejarnya.

 

Xudong mencoba untuk melarikan diri dan meninggalkan tunangannya Xiao Hong (Yu Nan) yang saat itu sedang kebingungan karena baru mengetahui bahwa dirinya tengah hamil. Xudong tidak mengetahui kehamilan Xiao Hong dan bertekad untuk terus sembunyi dari kejaran polisi. Namun, Xiao Hong menjadi sasaran interogasi Xu Feng dan juga incaran dari kaki tangan Cheng Fei. Selain polisi, Cheng Fei juga mencari keberadaan Xudong untuk menghabisinya agar kejahatan yang dilakukannya tidak terbongkar.

 

Akankah kebenaran akan terungkap?

 

Ulasan:

Explosion merupakan sebuah film yang mengangkat ide mengenai kecelakaan kerja yang terjadi di sebuah pertambangan. Dalam melakukan ledakan di sebuah pertambangan terdapat sebuah standar kerja yang harus dilakukan karena risiko kerja yang tinggi. Ledakan besar bisa terjadi jika terdapat komponen yang mudah terbakar berada di sekitar tempat ledakan, sebagai contoh tekanan gas yang tinggi atau unsur lainnya. Sehingga memang dalam melakukan ledakan akan benar - benar dilakukan secara seksama dan berhati-hati.

 

Kemungkinan terjadi kecelakaan kerja tetap ada meskipun telah dilakukan dengan seksama. Namun, dalam film ini, Li Yi yang merupakan bos pertambangan memilih untuk menyembunyikan hal tersebut. Sebuah kecelakaan kerja dapat membuat polisi melakukan penyelidikan lebih lanjut yang pastinya akan mempengaruhi reputasi dan kinerja dari pertambangan tersebut. Bahkan bisa membuat pertambangan tersebut ditutup. Hal ini yang mungkin juga dilakukan oleh beberapa orang di dunia nyata yang mungkin tidak kita ketahui. Seringkali pula pegawailah yang dijadikan tersangka dan pemilik atau yang memiliki kekuatan tidak akan tersentuh dalam penyelidikan.

 

Film ini mempertunjukkan konspirasi tersebut dengan amat baik dan mulus. Penonton akan terus merasa penasaran di setiap adegannya karena jalan cerita yang sedikit sulit ditebak. Tiap adegannya memberikan kejutan cerita yang tidak dapat diprediksi. Gabungan dari tiap scenenya membuat sebuah cerita yang cukup menarik untuk ditonton. Meski di awal agak sedikit berjalan lambat, tetapi makin lama makin meningkat intensitas ketegangan dalam film tersebut.

 

Adegan perkelahian, kejar-kejaran, dan ledakan terlihat begitu nyata. Terutama saat ledakan terjadi, benar - benar disajikan dengan grande dan tidak menggunakan efek editan. Sehingga pastinya tiap pemain harus memberikan akting yang baik dan maksimal karena adegan tersebut hanya bisa dilakukan satu kali. Sebuah ledakan tidak mungkin dapat diulang. Ini membuat kita menyadari sulitnya adegan tersebut dilakukan.

 

Yi Hong Duan dan Yu Nan  berhasil memberikan akting yang menawan yang membuat mereka mendapatkan penghargaan sebagai pemeran pria dan wanita terbaik. Ekpresi dari mereka benar - benar terlihat alami dan tidak kaku. Totalitas benar - benar terlihat terutama Hong Duan yang harus menunjukkan akting yang tidak mudah.

 

Beberapa bagian yang masih kurang adalah terdapat adegan hubungan sex yang dilakukan Hong Duan dan Yu Nan, tetapi adegan tersebut tidaklah terlalu penting untuk ditunjukkan. Menurut saya adegan tersebut tidak harus ditunjukkan, meski mungkin tujuannya untuk dihubungkan dengan kehamilan Xiao Hong. Hanya saja tanpa adegan itu pun saya rasa masih bisa dilakukan.

 

Adegan berlebihan lainnya adalah saat polisi mengejar Xudong dimana Xu Feng mengerahkan ratusan orang dan mobil polisi untuk menangkap satu orang saja. Bahkan dengan jumlah polisi yang begitu banyaknya mereka masih tidak bisa menangkap Xudong. Para polisi juga melakukan penyelidikan hanya berdasarkan asumsi mereka sendiri bukan berdasarkan bukti - bukti. Hal ini membuat polisi terlihat memiliki kinerja yang tidak profesional.

 

Xu Feng yang menjadi kepala polisi berhasil menjadi karakter yang menyebalkan. Xu Feng seakan kerja secara tidak profesional dan membawa perasaannya karena kedekatannya dengan Xudong ke dalam pekerjaan. Xu Feng tidak seperti tokoh protagonis, tetapi juga bukan antagonis. Namun, kemunculannya seakan memang untuk mengacaukan kehidupan Xudong. Dirinya bertindak sok hebat dan berkuasa, tapi sebenarnya bodoh dan mengacaukan semuanya.

 

Tokoh Yu Nan juga dengan ekspresinya yang sedikit planga dan plongo, sedikit membuat kesal saat menonton. Dirinya yang menjadi tokoh kunci karena mengetahui yang dialami oleh Xudong, awalnya saya perkirakan dirinya dapat menjadi seseorang yang mungkin membantu Xudong menghilangkan kesalahpahaman. Namun ternyata tokohnya malah terlihat lemah dan juga merepotkan. Alhasil, sepanjang cerita kita hanya melihat intensitas ketegangan dalam tokoh Xudong yang mencoba bertahan hidup.

 

Ending dari cerita ini juga sedikit kurang memuaskan. Padahal cerita yang dibangun sudah cukup baik dengan cerita yang menegangkan. Namun, endingnya kurang ada penyelesaian yang jelas dan tidak sesuai harapan.

 

Adegan yang mengesankan:

Explosion

Xu Dong setelah selesai membuat rencana balas dendamnya, lalu dirinya duduk di sebuah sofa ditengah hujan salju. Xu dong duduk sambil memegang sebuah minuman dan juga rokok. Dirinya bersandar pada bantalan sofa dan tiba - tiba kembang api muncul dihadapannya. Dengan musik yang juga mendukung adegan tersebut membuat adegan itu menjadi sebuah adegan yang cukup epik dan mengesankan. Kepercayaan diri dan keinginan pembalasan dendam tersampaikan dengan baik kepada penonton.

 

Dialog mengesankan:

"Aku sendiri yang memutuskan jalan hidupku"

Dialog ini sebenarnya memiliki makna yang cukup dalam. Xudong sejak awal menurut peramal tidak diperbolehkan mengikuti jejak ayahnya yang juga seorang peledak tambang. Peramal mengatakan hal itu akan membawa keburukan. Namun, Xudong telah menjadi peledak lebih kurang selama 20 tahun dan baru kali ini dirinya bermasalah. Sehingga menurutnya jalan hidup dirinya merupakan hasil dari pilihannya sendiri bukan atau tidak harus ditentukan oleh orang lain.

 
Ending:

Happy ending

 

Rekomendasi:

Worth to watch! Untuk para pencinta film action dan ledakan, film ini cocok untuk menjadi salah satu pilihan tontonan. Awalnya saya kira akan membosankan, tetapi ternyata cukup menarik untuk ditonton dan diluar ekspektasi saya.

 

(Aluna)

 

 

 

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar