Review Film Following (1998) - Sebuah film debut Christopher Nolan

 

Following

Following | 1998 | 1h 9m

Genre : Crime, Mystery, Thriller | Negara: UK

Director: Christopher Nolan | Writers: Christopher Nolan

Pemeran: Jeremy Theobald, Alex Haw, Lucy Russell, dll

IMDB: 7.5/10

Tomatometer : 84%

My Rate : 9/10

 

Seorang penulis muda yang secara diam - diam mengikuti orang secara acak demi mendapatkan inspirasi menemukan dirinya terperangkap dalam aksi kriminal yang sarat konspirasi setelah bertemu dengan Cobb.

 

Peringatan:

Terdapat adegan kekerasan dan perkelahian

 

Sinopsis:

Seorang penulis muda yang memperkenalkan dirinya sebagai Bill (Jeremy Theobald) memiliki kebiasaan untuk mengikuti orang secara acak demi mendapatkan sebuah inspirasi untuk tulisannya. Dirinya akan mengikuti seseorang untuk melihat kebiasaan atau yang dilakukan dari orang tersebut. Dirinya memiliki peraturan tersendiri saat mengikuti seseorang, hingga Bill bertemu dengan Cobb (Alex Haw) yang amat menarik baginya.

 

Cobb menyadari bahwa Bill mengikutinya dan akhirnya mengonfrontasinya secara langsung. Cobb merupakan seorang pencuri yang sering masuk ke dalam rumah orang lain secara diam - diam. Cobb memiliki kepercayaan bahwa dengan mencuri barang tersebut, dirinya membantu pemilik untuk kembali ingat dengan barang yang mungkin terlupakan. Hal ini yang membuat dirinya tidak mengambil banyak barang. Cobb mengajak Bill untuk ikut dalam aksinya.

 

Awalnya Bill merasa ragu meski dirinya tetap mengikuti Cobb dalam menjalankan aksinya, hingga Bill berani melakukan pencurian sendiri. Bill mendekati seorang wanita yang menarik perhatiannya dan juga merupakan pemilik dari salah satu rumah yang mereka bobol. Wanita tersebut merupakan mantan pacar dari seorang kepala gangster. Namun, hubungan mereka telah berakhir karena kekasihnya tersebut pernah menghabisi seseorang di apartemen milik wanita tersebut.

 

Wanita tersebut meminta bantuan Bill untuk mengambil fotonya yang ada di brankas gangster tersebut. Bill pun akhirnya memutuskan untuk datang dan membobol tempat dimana foto tersebut disimpan. Bill tidak menyadari bahwa dirinya terjebak dalam sebuah aksi dengan penuh konspirasi.

 

Akankah Bill lolos dari kejahatannya?

 

Ulasan:

Following merupakan sebuah film independen yang menjadi film debut dari Christopher Nolan. Nolan melakukan semuanya sendiri dari menulis, menyutradarai, memproduseri, bahkan melakukan editing film tersebut. Sebagian besar dilakukan tanpa bantuan dari peralatan film yang profesional. Lokasi syuting pun dilakukan di rumah teman dan kerabatnya yang ada di sekitar. Aktor yang bermain pun bukanlah aktor yang ternama.

 

Nolan menggunakan efek hitam putih untuk filmnya untuk mempermudah dirinya karena akan mengeliminasi kebutuhan untuk menyamakan warna dari tiap scenenya. Meski film ini dibuat dengan budget yang tidak banyak, tetapi menghasilkan sebuah cerita yang apik. Gaya film dari Nolan sendiri sudah terlihat dan akan terbawa hingga film - film berikut yang diproduksi olehnya.

 

Ide cerita yang ditampilkan sebenarnya amat sederhana, hanya menceritakan mengenai seorang penulis yang mencoba untuk mencari sebuah inspirasi. Namun, dirinya mengikuti orang yang salah. Tokoh yang ada di dalam film ini juga tidak banyak. Ide cerita yang sederhana tersebut dapat ditampilkan dengan apik dengan tingkat kompleks yang cukup. Sehingga membuat film ini terasa menarik dan membuat penasaran.

 

Perlu diingat bahwa film ini merupakan tipe film yang membutuhkan konsentrasi penuh agar dapat mengerti jalan cerita secara keseluruhan. Penonton tidak dapat melakukan skip atas adegan yang tampil, karena memungkinkan akan kehilangan arah cerita. Sehingga berikan waktu tersendiri untuk dapat fokus menontonnya.

 

Judul film 'Following' sendiri, saya rasa, dapat dimaknai ganda. Makna pertama sesuai dengan makna sebenarnya dimana Bill memang mengikuti orang - orang. Makna kedua yang dapat dimaknai sebagai tersirat bagaimana Bill menjadi 'Follower' atau mengikuti jejak yang ditunjukkan Cobb kepadanya. Dimana Bill tanpa sadar melakukannya.

 

Adegan yang mengesankan:

Following

Cobb membawa Bill ke sebuah rumah untuk memperlihatkan bagaimana Cobb bekerja. Mereka masuk ke dalam rumah tersebut dan Cobb mulai mengacak acak barang di dalam rumah tersebut. Bill yang kebingungan mulai mempertanyakan tindakan Cobb. Cobb menjelaskan bahwa banyak orang yang menyimpan barang dan kemudian melupakannya atau tidak pernah membukanya kembali, disinilah tugasnya agar orang tersebut kembali ingat tentang keberadaan dari barang tersebut.

 

Dialog mengesankan:

"He Followed you and realized you we just this sad little f*ck awaiting to be used."

Bill mengkonfrontasi wanita tersebut saat dirinya menyadari telah masuk dalam sebuah jebakan yang membingungkan. Wanita tersebut lalu mengatakan hal yang sebenarnya kepada Bill dan membuat Bill menjadi marah dan kecewa.

#bisa terjadi kesalahan dalam mendengar dialog karena aksen yang digunakan.

 

Ending:

Twist Ending.

 
Rekomendasi:

Must Watch! Film low budget yang pantas untuk ditonton dan sangat direkomendasikan terutama bagi para pencinta film Christopher Nolan.

 

(Aluna)

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar