Buku The Art of Hijrah: Kala Jannah Menanti Perubahanmu

 

The Art of Hijrah: Kala Jannah Menanti Perubahanmu

Rangkuman Singkat:

Penjelasan mengenai proses Hijrah yaitu kembali ke Jalan Allah SWT yang disajikan dengan cara yang mudah untuk dipahami.


Quote favorite:

"Mencintai Allah lagi artinya dahulu kita pernah cinta sama Allah, tetapi ke mana cinta itu sekarang pergi?"

Hijrah merupakan kata yang mungkin tidak asing di telinga. Hal ini identik dengan perubahan kita untuk menjadi lebih baik dan kembali mendekatkan diri kepada Allah. Namun, yang sering tidak kita sadari bahwa Hijrah merupakan perjalanan yang dilakukan terus menerus untuk memperbaiki diri kita. Kita sering kali kebingungan titik awal dan cara untuk berhijrah. Dalam buku ini dijelaskan secara singkat mengenai hal tersebut dengan cara yang mudah untuk dipahami.

Melalui buku ini kita bisa mendapatkan penjelasan yang menambah pemahaman kita dan mengubah cara pandang kita terhadap Hijrah. Buku ini juga membantu kita untuk mengurangi kebingungan yang mungkin muncul. Diharapkan, setelah membaca buku ini kita dapat membentuk pijakan hijrah yang cukup kuat dan membuat kita senantiasa menjadi istiqomah.

Tiga hal utama yang dibahas di dalam buku ini antara lain:

  1. Kenali Dirimu maka Kau akan Mengenal Tuhan-Mu
  2. Ibadah adalah Tujuan Utama Manusia
  3. Hijrah merupakan Perwujudan Cinta

Mari kita pelajari lebih lanjut

Pelajaran 1: Kenali Dirimu maka Kau akan Mengenal Tuhan-Mu

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai langkah awal hijrah ternyata adalah mengenal diri kita sendiri. Dengan mengenal diri kita sendiri dan mengetahui seberapa sempurnanya kita diciptakan, kita menjadi sadar Maha Besarnya Allah. Kita akan dibuat terkagum-kagum dengan kebesaran Allah.

Hal ini akan menimbulkan rasa cinta yang amat besar kita kepada Allah. Sehingga membuat kita menjadi semakin yakin dengan keberadaan Allah dan sadar mengenai beruntungnya kita memiliki Allah. Dengan demikian, maka tujuan hijrahmu akan terlihat dengan jelas.

Pelajaran 2: Ibadah adalah Tujuan Utama Manusia

Semakin lama kita hidup di muka bumi, seringkali kita lupa dengan tujuan utama kita ada di muka bumi. Pernahkah kamu merasa kehilangan arah seakan bertanya 'apa tujuanku hidup?' 'kenapa aku harus lelah bekerja, dsb?' 'Apa yang sebenarnya aku cari di dunia ini?'. Yup, ini adalah pikiran yang sering kali muncul di pikiran kita, terutama saat kita merasa kosong atau lelah.

Dalam buku ini, kita diingatkan kembali sebenarnya Allah hanya memberi tugas kita satu, yaitu beribadah kepada-Nya. Allah menciptakan kita untuk beribadah kepadanya. Ibadah tidak hanya dalam bentuk ritual seperti Shalat, Puasa, tetapi semua kebaikan dapat menjadi ibadah saat Allah tujuan utamanya. Hal ini yang sering kita lupakan, yang membuat kita kehilangan makna hidup yang sesungguhnya.

Sesungguhnya kehidupan di dunia ini hanya sebuah transit dimana kita diberikan kesempatan untuk mengumpulkan banyak bekal pahala, kebaikan, amal, untuk digunakan di tujuan Akhir yaitu Akhirat. Dengan menyadari hal tersebut, maka kita akan memiliki cara pandang yang berbeda mengenai kehidupan di dunia.

Pelajaran 3: Hijrah merupakan Perwujudan Cinta

Jadi kenapa kita harus Hijrah? Hijrah menjadi perwujudan kita kepada Allah. Kita mensyukuri kehidupan yang diberikan-Nya dan berusaha sebaik mungkin untuk mengejar cinta Allah. Seperti saat kita jatuh cinta, pastinya kita akan melakukan apapun untuk bisa dekat dengan orang yang kita cintai. Apalagi jika Jatuh Cinta kepada Allah, pastinya kita ingin menjadi lebih baik agar membuat Allah semakin cinta pula kepada kita.

Ulasan Buku

Melalui buku ini kita bisa memahami banyak hal mengenai hijrah dengan penjelasan yang mudah dimengerti. Meski memang sedikit berbeda dengan bayangan saya yang saya pikir akan lebih teoritis mengenai tahapan yang dilakukan dalam berhijrah. Sebagai contoh harus memperbaiki akidah terlebih dahulu atau lainnya. Buku ini memberikan cara yang berbeda untuk membuat orang tertarik dan mempelajari Hijrah.

Buku ini mungkin diperuntukkan untuk para anak muda 'gaul' yang sedang mencari makna tentang Islam dan Tuhan. Namun, entah mengapa saya sedikit terganggu dengan pemilihan bahasa dan penggunaan tulisan yang tidak baku. Meski bagaimana pun, hal ini bisa berdampak pada 'kebingungan' dalam penggunaan bahasa Indonesia itu sendiri. Sebab dalam novel atau karya sastra saja, penggunaan bahasa tidak baku memiliki pengaturannya sendiri.

Namun, mengesampingkan masalah teknis penulisan, buku ini cukup menarik untuk dibaca.

(Aluna)

 

  • Judul Buku : The Art of Hijrah: Kala Jannah Menanti Perubahanmu
  • Penulis: Creative Muslimah Id
  • Penerbit: Brilliant Books
  • Tahun terbit: Cetakan Ke-3 2023
  • Jumlah halaman: 180 halaman

 

Dapatkan bukunya disini

 


Posting Komentar

0 Komentar