Review The Secret of Kells (2009) - Siapkan dirimu atau kau akan mati!

 

The Secret of Kells | 2009 |1h 15m

Genre : Animation, Adventure, Family| Negara: Ireland, France, Belgium

Director: Tomm Moore, Nora Twomey  | Writers: Tomm Moore, Fabrice Ziolkowski

Pemeran: Evan McGuire, Brendan Gleeson, Mick Lally, dll

IMDB : 7.5/10

My Rate : 8/10

 

Brendan memilih untuk meneruskan kitab leluhur dibandingkan membantu pembangunan tembok tinggi pelindung Kells dari serangan suku utara. Apa yang akan terjadi saat suku utara menyerang?

 

Sinopsis

 

Sebuah suara terdengar saat film The Secret of Kells ini dimulai. Dengan suara lirihnya, narasi cerita disampaikan dan didukung dengan grafik yang menawan. Banyak hal yang telah terjadi di Ireland  selama bertahun-tahun, termasuk dengan serangan suku utara di berbagai tempat. Semua telah disaksikan dan tercatat sebagai suatu pengetahuan berharga.

 

Brendan, seorang anak yang pemberani dan petualang, berlari mengejar seekor angsa bersama dengan para rekannya. Brendan masih sangat belia dibandingkan dengan rekan - rekannya. Mereka bersama sama mengejar angsa tersebut untuk mengambil beberapa bulunya sebagai alat tulis atau pena.


The Secret of Kells 2009
Brendan dan rekannya setelah mengambil bulu angsa

 

Saat telah berhasil mendapatkan bulu angsa tersebut dan sedang memeriksanya satu per satu, Abbot datang dan menunjukkan kemarahannya. Abbot adalah petinggi di Kells. Saat itu Abbot tengah memerintahkan kepada seluruh warga untuk ikut serta dalam pembangunan tembok pelindung Kells dari serangan suku utara. Abbot merasa membangun tembok pelindung adalah prioritas utama yang harus dilakukan saat ini.

 

Hal ini membuat para illuminator atau penulis merasa tidak akan ada lagi yang memperhatikan untuk menulis buku tentang pengetahuan. Mereka merasa menulis pengetahuan dalam buku juga merupakan hal yang penting seperti yang dilakukan oleh Brother Aidan. Brother Aidan adalah Iluminator bijaksana dari Pulau Iona yang telah menulis Kitab Iona.

 
Menyelesaikan Kitab Iona

 

Kitab Iona adalah sebuah kitab yang ditulis atas perintah langsung dari Saint Columb Kil. Kitab tersebut telah ditulis sejak 200 thn yang lalu. Pada tiap lembar kitab tersebut bersinar seperti menatap surga. Konon katanya jika para pendosa melihat ke dalam kitab tersebut, mereka akan dibutakan oleh cahayanya.


The Secret of Kells 2009
Brother Aidan dating ke Kells

 

Suatu ketika Kells kedatangan seorang tamu. Seorang pria tua bersama kucingnya yang ternyata adalah Brother Aidan. Kucingnya bernama Pangur Ban adalah seekor kucing putih yang sedikit tidak bersahabat pada awalnya. Brother Aidan datang setelah Iona diserang oleh para Suku Utara. Semua orang tertarik dan ingin mendengar kisahnya dan Kitab Iona.

 

Abbot berpikiran lain dengan kedatangan Aidan ke Kells. Dirinya merasa hal ini dapat mengundang suku utara untuk datang ke Kells. Selain itu, Abbot tidak menyukai pendapat Aidan dimana Aidan berkata bahwa tembok pelindung tersebut tidak akan berguna saat Suku Utara datang. Hal yang harusnya mereka lakukan adalah berlari secepatnya meninggalkan Kells. Abbot tetap kukuh pada pendiriannya dan menolak pendapat Aidan.

 

Brendan sangat tertarik dengan keberadaan dan isi dari Kitab Iona. Namun ternyata Kitab tersebut belum selesai ditulis. Aidan meminta Brendan untuk mencarikan buah eik sebagai bahan pembuatan tinta hijau zamrud. Brendan merasa ragu dan khawatir jika Abbot akan mengetahui kepergiannya keluar dari tembok pelindung. Namun, karena besarnya ketertarikan Brendan terhadap Kitab Iona, Brendan memutuskan pergi ke hutan untuk mencari buah eik tersebut.

 

Dalam perjalanannya di dalam hutan, Brendan ditemani oleh Pangur Ban. Mereka merasa tersesat dan tidak tahu arah jalan, sampai suatu ketika segerombolan serigala menyerang mereka. Pangur ban yang takut lalu berlari meninggalkan Brendan. Namun, ternyata Pangur Ban meminta bantuan dari peri hutan, Aisling.


The Secret of Kells 2009
Brendan dan Aisling berada di atas pohon eik

Aisling adalah peri penjaga hutan dan tidak suka orang asing masuk ke hutannya. Aisling khawatir orang yang masuk ke dalam hutan akan menghancurkan hutan. Setelah mendengarkan penjelasan Brendan, Aisling setuju untuk menolongnya menemukan buah eik. Dengan syarat, Brendan harus segera pergi dan tidak kembali lagi ke dalam hutan setelah mendapatkan buah tersebut.

 

Setelah mendapatkan buah eik, saat mengantarkan Brendan untuk pulang. Brendan malah pergi ke sebuah daerah terlarang. Di daerah tersebut kegelapan berada dan tempat tinggal The Dark One. Aisling memperingatkannya untuk segera pergi dari tempat tersebut. Namun, Brendan tetap menolak hingga hampir saja membangkitkan The Dark One beruntung Aisling dapat menutup gerbang gua tempat The Dark One tinggal.

 

Aisling dan Brendan menjadi teman baik. Aisling memperbolehkan Brendan dan Pangur Ban untuk datang kembali ke hutan tersebut. Brendan yang telah sampai ke Kells tidak mengetahui bahwa Abbot sedang berada di scriptorium. Abbot yang melihat kedatangannya sedikit kesal dengan yang telah dilakukan Brendan dengan tidak mengindahkan perintahnya. Abbot membawa Brendan pergi dan meninggalkan Aidan sendiri di scriptorium.

 

Suku Utara telah berhasil menyerang desa yang berada dekat dengan Kells. Hal ini membuat Abbot makin waspada dan semakin giat membangun tembok. Dengan sikap pembangkang Brendan yang tetap ingin fokus menyelesaikan Kitab Iona, makin membuat Abbot marah dan mengurungnya di dalam biara.


The Secret of Kells 2009
Brendan sedang belajar menulis Kitab Bersama Aidan

 

Apakah yang akan terjadi saat Suku Utara menyerang? Apakah tembok pelindung berhasil melindungi mereka? Bagaimana selanjutnya dengan Kitab Iona?

 
Ulasan

 

Film ini adalah sebuah film yang berdasarkan kisah asal usul Kitab Kells. Kitab Kells yang juga dikenal dengan sebutan  Kitab Columba adalah sebuah manuskrip Kitab Injil dalam bahasa latin. Kitab ini berisikan empat Injil dari Perjanjian Baru bersama dengan berbagai teks pendahuluan dan tabel. Dalam kitab tersebut biasanya ditulis dimana teksnya dihiasi dengan hiasan seperti batas dan ilustrasi miniatur. Kitab ini sering digunakan di Gereja Katolik Roma untuk berdoa, layanan, dll.


The Secret of Kells 2009
Hasil gambar dari Brendan

 

Animasi dan grafis yang diperlihatkan dalam film ini belum pernah saya lihat sebelumnya di film animasi yang lainnya. Dari awal film dimulai, pemilihan font tulisan dan soundtrack pengiringnya telah mengindikasikan bahwa film ini merupakan suatu film yang mengangkat mengenai kisah sejarah atau historical. Penonton juga disuguhkan suatu aestetik yang menawan.

 

Hal yang menurut saya juga menarik adalah penggambaran dimana Kitab Iona dikatakan sebagai suatu kitab yang bersinar saat dibuka. Keindahan dari hiasan dalam kitab itu sendiri juga ditunjukkan dalam film ini dengan penggambaran yang indah dengan tinta emas. Komposisi warna di tiap adegannya juga sangat indah.

 

Namun, ada beberapa hal yang tidak saya pahami, mungkin karena keterbatasan pengetahuan saya mengenai Kitab Kells sendiri. Menurut saya memang lebih masuk akal saat mereka mencoba membuat tembok pelindung sebagai upaya menghadapi Suku Utara. Karena jika hanya berfokus dengan menuliskan kitab dan pasrah dengan keadaan saat Suku Utara menyerang apakah kemudian mereka akan terselamatkan?

 

Dalam film ini pun menitikberatkan pada Brendan yang menghabiskan waktu hidupnya untuk menyelesaikan Kitab tersebut. Tidak dijelaskan apa yang terjadi pada Kells setelah Suku Utara menyerang atau apa sebenarnya rahasia dari Kells itu sendiri. Sedangkan film ini berjudul The Secret of Kells. Sehingga membuat saya mengharapkan ada suatu cerita yang membuat Kells menjadi istimewa atau penjelasan apa yang dituliskan dalam Kitab tersebut yang mungkin berhubungan dengan Kells.

 

Namun, secara keseluruhan film ini menyajikan hal yang mempesona dari segi animasi, suara, yang pasti membuat para penonton merasa tersihir dengan keindahannya. Tidak salah jika film ini memenangkan 7 award dan menjadi salah satu nominasi dalam Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year tahun 2010. Meskipun belum berhasil Film Up dalam memenangkan piala Oscar pada kategori tersebut. 

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah terkadang saat kita memiliki suatu pendapat atas suatu hal yang mungkin telah kita yakini, kita tetap harus membuka pikiran dan hati untuk mendengarkan masukan dari luar. Setiap masukan yang disampaikan orang lain kepada kita tidak serta merta harus kita ikuti dan wujudkan. Namun, dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kita untuk menentukan hal yang paling baik yang harus kita lakukan. Terutama jika masukan tersebut kita dapatkan dari orang yang lebih berpengalaman atau pernah mengalami kejadian serupa sebelumnya.

 

(aluna) 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar