Review Creepy (2016) - Hidup bersama tetangga misterius

 


Creepy (Original Title:  Kurîpî: Itsuwari no rinjin) | 2016 | 2h 10m

Genre : Crime, Drama, Horror| Negara: Japan

Director: Kiyoshi Kurosawa  | Writers: Yutaka Maekawa, Chihiro Ikeda, Kiyoshi Kurosawa

Pemeran: Hidetoshi Nishijima, Yûko Takeuchi, Toru Baba, dll

IMDB : 6.4/10

My Rate : 7/10

 

Takakura, seorang mantan detektif yang sedang menyelidiki kasus 6 tahun lalu yang belum terpecahkan, mengalami kejadian aneh dengan tetangga baru di tempat tinggalnya

 

Sinopsis

 

Takakura (Hidetoshi Nishijima) adalah seorang detektif yang memiliki kemampuan psikoanalisis dan berfokus pada kasus pembunuhan berantai. Namun, suatu ketika terjadi sebuah insiden dimana pelaku pembunuhan yang sedang diinterogasinya melarikan diri. Saat dirinya sedang melakukan negosiasi dengan pelaku tersebut, dirinya terluka dan menyebabkan orang yang disandera juga terluka. Sejak itu dirinya berhenti menjadi seorang detektif kepolisian.


Creepy 2016
Takakura dan Istrinya, Yasuko

Takakura dan istrinya, Yasuko (Yûko Takeuchi) pindah ke lingkungan yang baru untuk memulai hidup yang baru. Takakura bekerja sebagai dosen kriminologi di sebuah universitas, sedangkan Yasuko menjadi ibu rumah tangga. Mereka juga memiliki seekor anjing bernama Marcus. Namun, lingkungan baru tempat mereka tinggal tidak begitu memberikan sambutan yang hangat.

 

Sebagai salam perkenalan, Yasuko telah menyiapkan hadiah kecil berupa coklat untuk diberikan pada tetangga mereka. Pertama mereka datang ke keluarga Tanaka yang terdiri dari seorang anak dan ibu. Namun, coklat tersebut di tolak dan sikap mereka ketus. Setelah itu mereka pergi ke keluarga Nishino (Teruyuki Kagawa), tetapi tidak ada yang membukakan pintu. Sehingga mereka memutuskan untuk datang lagi ke keluarga Nishino lain waktu.


Creepy 2016
Takakura dan rekan sesama dosen
 

Setelah selesai mengajar, Takakura bingung apa yang harus dilakukan. Saat itu rekan kerjanya sedang melakukan penelitian dengan mengumpulkan kasus-kasus kriminal yang ada dari tahun ke tahun sebagai bahan ajar. Takakura melihat sebuah kasus yang menarik perhatiannya, yaitu kasus hilangnya 3 anggota keluarga di Hino 6 tahun lalu. Kasus tersebut belum terpecahkan dan penyelidikan telah dihentikan, tetapi entah kenapa kasus tersebut masuk dalam kategori pembunuhan.

 
Kasus tak terpecahkan

 

Kasus hilangnya anggota keluarga tersebut masih menjadi misteri, karena ada satu orang anggota keluarga yang selamat. Anak terakhir dari keluarga tersebut yang masih duduk di bangku 2 SMP saat itu, tidak ikut menghilang. Namun, dirinya tidak dapat memberikan kesaksian yang valid karena informasi yang disampaikan terus berubah.

 

Rekan dosennya memiliki rasa penasaran yang tinggi dan mengajak Takakura untuk datang melihat TKP. Awalnya Takakura menolak karena dirinya bukan seorang polisi lagi. Namun, pada akhirnya mereka berdua memutuskan untuk pergi.  Di lain pihak, Yasuko yang sendirian di rumah mengunjungi keluarga Nishino, tetapi terkejut dengan sikap Nishino yang terlihat aneh dan kasar.

 

Sesampai di TKP, Takakura merasa ada yang janggal dari rumah tersebut. Khawatir akan menjadi masalah jika mereka masuk terlalu dalam, Takakura dan rekannya memutuskan untuk pergi dari tempat tersebut. Namun, ternyata kedatangan Takakura ke rumah itu diketahui oleh Nogami, Juniornya selama di kepolisian.

 

Nogami juga merasa tertarik dengan kasus tersebut. Nogami mendatangi Takakura di kampusnya dan meminta bantuannya untuk dapat menemui dan mewawancarai Honda Saki (Haruna Kawaguchi) anak bungsu dari keluarga yang menghilang tersebut. Takakura pun akhirnya menyetujui.

 

Yasuko kembali berinteraksi dengan Nishino, kali ini karena Marcus, anjingnya, menyerang dan menggonggongi Nishino saat membuang sampah. Nishino merasa kaget saat tiba-tiba Marcus menyerangnya. Yasuko lalu mengetahui bahwa Nishino tinggal bersama istri dan anaknya, Mio (Ryôko Fujino). Saat itu Mio baru saja pulang dari sekolah. Namun, saat Yasuko mengatakan akan menemui istrinya di lain waktu. Nishino yang tadinya ramah berubah seketika.

 

Nogami dan Takakura bertemu dengan Honda Saki saat mengunjungi TKP. Namun, Honda menghindar dari percakapan mengenai kasus tersebut. Dalam perjalanan pulang, Nishino menghadang Takakura dan mengancamnya. Nishino mengatakan bahwa dirinya tidak terlalu suka ditanya mengenai masalah pribadinya oleh Yasuko. Nishino meminta agar tidak ikut campur dalam keluarganya atau dirinya bisa melakukan hal yang tidak diinginkan.

 

Takakura lalu mengatakan pada Yasuko untuk tidak terlalu dekat dengan tetangga, tetapi tidak memberitahukan alasannya. Alhasil, Yasuko masih mencoba untuk mendekati keluarga Nishino dan mencari tahu mengenai keluarga tersebut. Interaksi yang terjadi antara Nishino dan Yasuko menjadi lebih sering. Perubahan sikap pun terlihat dari Yasuko dan membuat Takakura kebingungan.


Creepy 2016
Honda Saki memberikan keterangan mengenai kasus 6 tahun lalu

 

Takakura saat itu mendatangi Honda di tempat tinggalnya untuk menanyakan mengenai hal yang diingatnya sebelum keluarganya menghilang. Honda tidak begitu ingat karena ingatannya yang kabur. Honda lalu mendatangi Takakura di kampusnya saat telah mengingat beberapa hal. Dirinya menyatakan bahwa terjadi perubahan pada sikap keluarganya. Mereka saat itu seperti sedang dikendalikan oleh seorang yang misterius.

 

Sekembalinya Takakura ke rumah, Takakura terkejut dengan keberadaan Nishino dan Mio di rumahnya. Terlebih perubahan sikap Nishino yang tiba - tiba terlihat ramah, mengingat sebelumnya Nishino mengancam Takakura.  Intuisinya merasakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan Nishino. Namun, Yasuko malah membelanya dan mengatakan Nishino adalah orang yang baik.


Creepy 2016
Nishino dan Mio yang berkunjung ke rumah Takakura

 

Siapakah Nishino dan apa yang terjadi pada Yasuko? Apakah misteri kasus 6 tahun lalu akan terpecahkan?

 

Ulasan:

 

Creepy diadaptasi dari sebuah novel karangan Yutaka Maekawa dengan judul yang sama dan juga di tampilkan pada 66th Berlin International Film Festival. Ide cerita yang diangkat cukup menarik yaitu mengenai kategori pembunuhan dengan pola hybrid yang membabi buta. Dimana pelaku belum jelas motifnya dalam melakukan pembunuhan tersebut.

 

Penonton dapat merasakan nuansa misteri dari film ini, tetapi juga akan merasakan sensasi horor atau mistis. Akting dari para pemainnya juga cukup baik. Teruyuki Kagawa mendapatkan penghargaan sebagai pemain pendukung terbaik. Memang saya akui, akting dari Teruyuki memberikan sisi misterius pada karakter yang dimainkannya.

 

Beberapa kekurangan yang menurut saya kurang masuk logika dari sisi cerita, yaitu saat karakter Istri terlalu berani tetapi bodoh. Saat dirinya mengetahui bahwa lingkungan tersebut aneh dan tidak memberikan sambutan yang hangat, bukannya malah menghindar tetapi malah semakin menjadi. Terlebih saat dirinya datang sendiri ke rumah Nishino tanpa memberitahukan kepada Takakura.


Creepy 2016
Yasuko yang terus bertemu Nishino
 

Yasuko juga terlalu ingin tahu urusan orang lain, padahal suaminya sudah melarangnya untuk berinteraksi dengan tetangga. Saya juga agak kesal dengan tokoh polisi di film ini. Mereka melakukan hal bodoh dengan tidak waspada dengan 'orang yang dicurigai sebagai tersangka'. Tindakan yang diambil seakan tidak memikirkan keselamatan dan tanpa strategi. Takakura juga sebagai seraong ahli psikoanalisis, tidak bisa menilai orang dengan baik.

 

Saya rasa jika di dalam film tersebut di tambahkan scene sekelebat mengenai masa lalu atau latar belakang kasus yang terjadi sebelumnya, akan memberikan nilai tambah. Penonton jadi lebih relate dengan cerita dan bisa jadi penyatu puzzle dari film ini. Secara keseluruhan film ini masih saya rekomendasikan untuk di tonton.

 

Pesan yang dapat kita ambil dalam film ini adalah bagaimana kita bersosialisasi dengan lingkungan dan orang sekitar kita. Kita tetap harus waspada terutama jika berada di lingkungan yang baru. Jangan terlalu ingin tahu urusan orang lain dan membuat mereka tersinggung. Jangan juga terlalu acuh sehingga tidak tahu menahu dengan sekitar. Jangan terlalu cepat percaya terhadap orang lain. Lebih baik sewajarnya saja, untuk menghindari masalah yang bisa timbul.

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar