Review Better Days (2019) - Kisah dua orang yang terluka karena kehidupan


Better Days (Original title: Shaonian de ni) | 2019 | 2h 15m

Genre : Crime, Drama, Romance| Negara: China

Director: Derek Tsang  | Writers: Wing-Sum Lam, Yuan Li, Yimeng Xu

Pemeran: Dongyu Zhou, Jackson Yee, Fang Yin, dll

IMDB : 7.6/10

Tomatometer : 97%

My Rate : 10/10

 

Chen Nian menjadi korban perundungan di sekolahnya, tidak sengaja bertemu dengan Xiao Bei yang berjanji akan melindunginya meski harus berkorban untuknya.

 

Sinopsis

 

Seluruh siswa SMA di Tiongkok sedang sibuk persiapan untuk ujian masuk ke universitas atau dikenal dengan Ujian Gaokao. Namun, tiba - tiba seorang siswa di sekolah Chen Nian (Dongyu Zhou) mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari atas gedung. Kejadian ini membuat heboh seisi sekolah.

 

Polisi mengambil tindakan dengan melakukan penyelidikan terhadap hal tersebut. Korban sebenarnya adalah korban perundungan di kelasnya, tetapi tidak ada satupun yang menolongnya. Chen Nian yang menjadi salah satu saksi dan dimintai keterangan oleh polisi. Hal ini membuat dirinya menjadi target perundungan selanjutnya.

 

Perundungan di sekolah

 

Wei Lai (Zhou Ye) menjadikan Chen Nian target barunya. Perundungan yang dilakukan tidak hanya dari perkataan tetapi juga dalam bentuk kekerasan fisik. Chen Nian tidak memberitahukan hal itu kepada Ibunya. Ibunya sibuk bekerja dan bersembunyi karena menjual barang ilegal.

 

Suatu hari, Chen Nian tidak sengaja bertemu dengan Xiao Bei (Jackson Yee) yang sedang dipukuli oleh para brandal. Xiao Bei menemui Chen Nian kembali untuk membalas budinya dan mengganti uang serta hp Chen Nian. Meski Chen meminta Bei untuk tidak mengikutinya, tetapi Bei terus menerus berada di sekitarnya.


Better Days 2019
Chen Nian dirundung teman - temannya

 

Perundungan yang dialami Chen makin parah. Teman - temannya juga ikut menjelekkan Ibu Chen. Chen akhirnya melaporkan perundungan yang dialami dirinya dan temannya kepada polisi. Namun, hal tersebut malah membuat hidupnya dalam bahaya.

 

Chen akhirnya meminta pertolongan Bei untuk menjaganya, karena dirinya ketakutan dengan Wei Lai dan ingin fokus untuk persiapan Gaokao. Bei akhirnya menyetujui dan memilih untuk melindungi Chen. Sejak saat itulah, hubungan keduanya semakin dekat, terlebih dengan pengalaman kehidupan yang hampir sama.

Bagaimana kisah mereka selanjutnya?

 

Ulasan

 

Film Better Days adalah adaptasi dari novel chinese berjudul In His Youth, In Her Beauty karangan Jiu Yuexi. Film ini mengangkat tema yang sering terjadi di masyarakat tetapi tidak banyak orang yang peduli dengan hal tersebut, yaitu perundungan di kalangan pelajar. Perundungan tidak lagi hanya dilakukan dalam bentuk 'kejahilan' tetapi telah mengarah ke kekerasan bahkan menyebabkan korbannya kehilangan nyawa.

 

Film ini mengingatkan saya dengan sebuah film Jepang berjudul Demon Covered in Scars (2017) yang juga mengangkat tema pembulian di kalangan pelajar. Persamaan antara keduanya adalah saat seorang siswa di bully, kebanyakan orang sekitar yang melihatnya tidak ingin membantu korban tersebut seakan berpura - pura tidak melihat. Hal ini membuat korban menjadi harus berjuang sendiri demi bertahan dari perundungan tersebut.

 

Musik dan sound effect yang digunakan amat baik. Cara pengambilan gambar dan editing juga bagus. Hal ini membuat film ini bukan hanya penuh makna, tetapi juga memuaskan dari segi audio dan visual. Film ini berisikan cerita yang cukup padat dan mengalir dengan baik, meski tidak banyak dialog di dalamnya. Para pemain dapat menyampaikan emosi yang dirasakan dari ekspresi wajah mereka.

 

Adegan yang amat berkesan adalah saat tokoh Chen Nian dan Xiao Bei berada di ruangan yang sama. Saat itu Xiao Bei mengutarakan tentang masa lalunya kepada Chen Nian. Entah mengapa di dalam adegan ini terasa koneksi antar perasaan tokohnya. Perasaan itu pun tersampaikan ke hati para penonton.


Better Days 2019


 

Adegan lainnya adalah saat Chen Nian menjadi korban perundungan dimana rambutnya harus dipangkas habis. Emosi yang ditampilkan berkecamuk dan tumpah ruah dalam satu adegan tersebut. Zhou Dongyu juga berakting dengan amat baik bahkan rela rambutnya di potong amat pendek hanya untuk berperan dalam film ini.

 

Perlu jadi perhatian dimana terdapat beberapa adegan yang berisikan kekerasan, perkelahian, perundungan, dan bunuh diri. Sehingga untuk penonton film ini harus dengan bijak bisa memilih dan tidak membiarkan anak dibawah umur ikut menonton. Jika pun menonton dapat dijadikan sebagai bahan ajar agar tidak diterapkan di kehidupan nyata.

 

Pesan dalam Film Better Days

 

"Hu Xiaodie tidak akan mau terlihat seperti itu"

 

Chen Nian di interogasi oleh para polisi mengenai kejadian yang terjadi di sekolahnya saat salah satu temannya mengakhiri hidup dengan cara melompat dari atas gedung. Saat kejadian tersebut seluruh siswa di sekolah tersebut sibuk mengambil gambar dengan ponselnya dan menyebarkan fotonya di sosial media. Chen Nian maju dan menutupi tubuh Xiaodie dengan jaket yang dikenakannya.

 

Seringkali terutama di zaman saat ini, banyak orang yang lebih mudah mengeluarkan ponselnya untuk mengambil gambar tanpa melihat kondisi yang terjadi di sekitarnya. Seakan - akan rasa kemanusiaan dari manusia itu sendiri telah terkikis. Perlu bagi kita untuk mengasah kembali rasa simpati dan empati kepada sesama.

 

"Kau tidak menyesal sedikit pun?"

 

Wei Lai sebagai salah satu tersangka perundungan tidak menunjukkan sedikit pun penyesalan atas apa yang dilakukannya, meski telah menyebabkan korban kehilangan nyawa. Dirinya menganggap bahwa korbanlah yang memilih jalannya dan tidak ada urusan dengan apa yang dilakukannya. Bahkan dirinya menganggap, kematian dari Xiaodie adalah suatu anugrah untuk keluarga Xiaodie.

 

Entah mengapa sebagian besar pelaku perundungan tidak memiliki perasaan dan seakan - akan perbuatan mereka bukan suatu hal yang salah. Perlu penanganan yang lebih serius kepada para pelaku agar tidak melakukan kembali tindakan tersebut. Selain hukuman yang berat, bantuan dari para ahli juga perlu digunakan untuk mengubah pola pikir dan mental mereka.

 

"Siapa yang bisa membantuku?"

 

Polisi menyudutkan Chen Nian atas kematian Wei Lai dan mengatakan seharusnya jika Chen Nian dirundung, dirinya harus meminta bantuan. Chen Nian merasa tidak ada yang bisa menolongnya atau dimintai pertolongan. Terlebih banyak orang yang malah menyalahkan korban atas perundungan yang diterimanya.

 

Perundungan yang terjadi bukan merupakan suatu rahasia. Seringkali bahkan banyak yang menjadi saksi mata, tetapi mereka takut menolong karena takut menjadi korban selanjutnya. Korban juga takut untuk meminta pertolongan karena bisa membuat siksaan yang mereka terima menjadi lebih parah. Pilihan tersebut seperti buah simalakama. Kasus perundungan bukan kasus yang mudah, memang butuh cara yang tepat untuk menyelesaikannya.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film Better Days (2019) menurut saya amat layak untuk ditonton. Bahkan bisa menjadi salah satu kandidat film yang tidak akan bosan untuk ditonton secara berulang. Selain ceritanya yang tidak mudah ditebak, akhir cerita pun dibuat secara apik.

 

(Aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar