Review Bring Me Home (2019) - Mencari keberadaan anaknya yang hilang

 


Bring Me Home (Original title: Na-reul chaj-a-jwo) | 2019 | 1h 48m

Genre : Drama, Mystery, Thriller| Negara: South Korea

Director: Seung-woo Kim| Writers: Seung-woo Kim

Pemeran: Lee Yeong-ae, Park Hae-joon, Lee Won-geun, dll

IMDB : 6.4/10

Tomatometer : -%

My Rate : 8/10

 

Jung Yeon kehilangan anaknya 6 tahun yang lalu ditambah kehilangan suaminya dalam sebuah kecelakaan membuatnya hampir menyerah, tetapi sebuah informasi mengejutkan mengenai keberadaan anaknya menjadi sebuah harapan baru.

 

Sinopsis

 

Jung Yeon (Lee Yeong Ae) kehilangan anaknya, Yoon Su, 6 tahun yang lalu. Suaminya terus mencoba mencari keberadaan Yoon Su dengan bantuan seorang relawan pencari anak hilang, Seung Hyeon. Perasaan kehilangan tersebut telah membuat kehidupan mereka berantakan, Jung Yeon terus menerus menyalahkan dirinya sendiri.


Sinopsis Bring Me Home
Suami Jung Yeon yang sedang mencari anaknya

 

Suaminya mendapatkan sebuah informasi mengenai keberadaan Yoon Su dan bergegas untuk menghampiri. Namun dalam perjalanan sebuah kecelakaan terjadi dan menyebabkan kematiannya. Jung Yeon makin terpukul dengan kemalangan yang dialaminya.

 

Titik terang

 

Di sebuah desa nelayan, seorang polisi merasa bahwa salah satu anak yang berada di sana, Minsu, amat mirip dengan foto Yoon Su yang dilihatnya di televisi dan surat kabar. Dirinya pun mencoba mencari informasi lebih lanjut mengenai asal usul Minsu. Namun, penduduk desa seperti menyembunyikan sesuatu termasuk polisi senior yang bekerja bersamanya.

 

Polisi tersebut menelpon Jung Yeon dan menyampaikan informasi mengenai Minsu. Namun, saat itu adik iparnyalah yang mengangkat telepon tersebut dan tidak menyampaikan informasi tersebut kepada Jung Yeon. Adik iparnya memanfaatkan informasi tersebut untuk mendapatkan uang dari Jung Yeon dengan menyampaikannya melalui perantara orang lain.


Sinopsis Bring Me Home
Minsu, anak yang diduga mirip Yoon Su

 

Jung Yeon bergegas pergi ke desa nelayan tersebut untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. Apakah Minsu benar anaknya?

 

Ulasan

 

Bring Me Home adalah sebuah film yang mengangkat tema mengenai penculikan anak yang kerap kali terjadi. Ide cerita ini sangat relevan dengan kenyataan dan film ini bisa memberikan harapan bagi orang - orang yang mengalami. Bring Me Home mendapatkan 3 penghargaan dari 6 nominasi termasuk di dalamnya Best Film dan Best Actress.

 

Bring Me Home mengingatkan saya pada sebuah film China yang berjudul Dearest. Kedua film tersebut memiliki ide cerita yang serupa yaitu tentang penculikan anak. Perbedaannya adalah Dearest didasarkan dari sebuah kisah nyata.

 

Adegan yang menurut saya sangat mengesankan adalah adegan yang juga di tampilkan di awal film saat film di mulai. Adegan tersebut mempertunjukkan akting Lee Yong Ae yang sangat memukau dan bisa memperlihatkan emosi yang dalam dari tokoh yang dimainkan. Penonton dapat pula merasakan kesedihan yang dirasakan oleh tokoh tersebut.


Sinopsis Bring Me Home
Jung Yeon
 

Teknik pengambilan gambar cukup baik dan bisa memperlihatkan setiap perasaan dalam tiap kejadiannya. Akting dari para pemain juga cukup baik, tokoh utama ataupun pendukung tetap memberikan akting yang maksimal dan tidak timpang. Pemilihan musik dan sound juga sesuai dan menambah rasa dalam tiap adegan.

 

Hanya saja menurut saya ada sebuah kisah yang kurang. Harusnya terdapat adegan yang menjelaskan bagaimana Yoon Su menghilang. Akhir cerita ini pun terlihat tidak begitu jelas dan ambigu. Selain itu dalam film ini terdapat adegan kekerasan dan perkataan kasar, sehingga lebih cocok jika ditonton oleh 20+ atau 18+.

 

Pesan dalam Film Bring Me Home

 

"Aku kira mereka membuang aku, tapi ternyata mereka mencariku"

 

Seung Hyeon menganggap dirinya ditelantarkan oleh kedua orang tuanya hingga dirinya harus dibesarkan oleh keluarga angkat. Kesalahpahaman tersebut membuat Seung Hyeon menaruh dendam kepada orang tua kandungnya. Namun, saat dirinya berhasil menemukan keluarga kandungnya, ternyata sebuah kenyataan pahit terbongkar.

 

Banyak kasus anak hilang terjadi di sekitar kita. Besar kemungkinan karena mereka diculik pada saat masih kecil, maka mereka memiliki kenangan yang samar akan keluarga kandungnya. Padahal perasaan kehilangan tersebut pastinya akan terus membekas dan menghantui orang tua anak tersebut dan berharap suatu saat mereka dapat dipertemukan kembali.

 

"Kita harus selalu menutup mulut, mata, dan tentunya telinga kita"

 

Seluruh isi desa mengetahui kenyataan yang sebenarnya terjadi dan ternyata mereka merupakan para pelarian yang mencoba untuk bertahan hidup dengan melakukan apapun termasuk dengan tindakan kejahatan. Mereka mencoba untuk menyembunyikan keberadaan Minsu dan Jung Yeon agar kepentingan mereka masing - masing tidak dirugikan. Hal ini sering kita temui juga di masyarakat.

 

Beberapa orang mungkin menutup mulut, mata, dan telinga saat melihat hal yang tidak sesuai norma terjadi di hadapan mereka. Hal tersebut dilakukan bisa jadi karena mereka diuntungkan atau malah hal tersebut juga membahayakan diri mereka. Sehingga mereka memilih untuk berdiam diri dan merahasiakan hal tersebut.

 

"Jangan lupakan kami. Jangan pernah menyerah."

 

Banyak anak yang menjadi korban penculikan. Sesungguhnya mereka sangat ingin kembali ditemukan oleh keluarga mereka. Sehingga janganlah menyerah untuk menemukan mereka dan teruslah berharap bahwa suatu saat waktu akan mempertemukan.

 

Layak ditonton atau tidak?

 

Film Bring Me Home adalah film yang layak untuk ditonton. Film ini mengingatkan kita untuk meningkatkan kewaspadaan dengan kejahatan penculikan yang masih merajalela. Sebagai orang tua perlu untuk lebih mengawasi anak mereka agar kejadian serupa tidak akan terulang.

 
Quote:

Setelah dia kembali, bisakah kita kembali seperti dulu?

 

(Aluna)
 

 

Posting Komentar

0 Komentar