Review Burn The House Down (2023 - Series) - Mencari dalang pembakaran 13 tahun yang lalu


Burn the House Down (Original Title: Mitarai ke, Enjou Suru)| 2023| 8 episode

Genre : Drama, Mysteri, Thriller| Negara: Japanese

Director: Yuichiro Hirakawa | Writers: Moyashi Fujisawa (manga), Arisa Kaneko

Pemeran: Mei Nagano, Asuka KudĂ´, Taishi Nakagawa, dll

IMDB : 6.6/10

My Rate : 8/10

 

Anzu menyamar menjadi orang lain dan kembali ke rumahnya untuk mencari tahu pelaku sebenarnya dalam kebakaran rumahnya 13 tahun lalu yang membuat ibunya menjadi tertuduh dan mengalami amnesia.

 
Sinopsis

 

Anzu Murata (Mei Nagano) menggunakan nama temannya Sakura Yamauchi untuk bisa bekerja sebagai asisten rumah tangga di rumah Makiko Mitarai (Kyoka Suzuki). Hal ini dilakukan agar Anzu bisa mencari tahu dan mengumpulkan bukti mengenai kebakaran yang terjadi 13 tahun lalu di rumahnya. Dalam Kebakaran tersebut Ibunya dituduh sebagai penyebabnya dan akhirnya membuat Ibunya stress. Saat ini ibunya, Satsuki Murata (Michiko Kichise) berada di rumah sakit karena mengalami amnesia.


Burn The House Down
Satsuki yang meminta maaf atas kebakaran yang terjadi

 

Anzu adalah anak dari Osamu Mitarai (Mitsuhiro Oikawa) dan memiliki seorang adik bernama, Yuzu Murata (Yuri Tsunematsu). 13 tahun yang lalu, sebuah kebakaran dashyat terjadi di rumahnya yang menyebabkan rumahnya habis terbakar. Api diperkirakan berasal dari dapur dimana kompor belum dimatikan. Satsuki merasa bersalah dan menganggap hal tersebut adalah kesalahannya. Namun, Anzu melihat Makiko yang sedang tersenyum berada di sekitar tempat kejadian.

 

Setelah kebakaran tersebut, Satsuki dan Osamu bercerai. Selanjutnya Osamu menikah dengan Makiko. Hal ini membuat Anzu semakin curiga atas Makiko. Terlebih selama ini Makiko telah dianggap sebagai teman baik ibunya, tetapi sering kali Makiko mencoba untuk meniru ibunya dan mengambil barang - barang Ibunya. 13 tahun berlalu, Anzu mencoba mencari rahasia yang sebenarnya terjadi.

 

Penyelinapan masuk

 

Anzu mengetahui bahwa Makiko yang saat ini menjadi seorang influencer membutuhkan seorang asisten rumah tangga. Makiko membuat citra sebagai seorang model, istri, dan ibu yang sangat sempurna. Di tengah kesibukannya bekerja, dirinya masih bisa mengurus rumah dan keluarganya. Padahal semua itu tidak dilakukannya sendiri dan banyak hal palsu yang ditampilkannya.


Anzu bekerja di rumah Makiko

 

Anzu lalu mencoba untuk masuk ke rumah tersebut sebagai asisten rumah tangga dengan menggunakan nama samaran, Sakura Yamauchi. Nama itu sendiri adalah nama temannya yang membantu Anzu untuk bisa membongkar semuanya. Anzu melakukan analisa terhadap postingan instagram dari Makiko dan menemukan beberapa hal yang mencurigakan terutama di dalam lemari pakaian Makiko. Anzu juga menemukan beberapa barang ibunya di rumah tersebut.

 

Dalam proses penyelidikannya ternyata identitasnya diketahui oleh anak tertua dari Makiko yang juga mengenalnya. Kiichi (Asuka Kudo) adalah anak pertama dari Makiko dari suami sebelumnya. Makiko menyembunyikan Kiichi dan membohongi publik dengan mengatakan bahwa Kiichi berada di luar negeri. Padalah Kiichi menjadi seorang yang tidak pernah keluar dari rumahnya.


Kiichi mengetahui identitas asli Anzu
 

Setelah identitasnya terbongkar, Kiichi mulai mengancam Anzu dengan video yang diambilnya. Anzu mulai kesulitan untuk bisa mencari bukti - bukti yang dibutuhkannya. Terlebih Makiko memecatnya setelah tahu bahwa Anzu bertemu dengan Kiichi.

 

Apakah penyelidikan Anzu akan berhasil?

 

Ulasan

 

Burn the house down adalah sebuah drama yang diputar di Netflix dan diadaptasi dari sebuah serial manga yang berjudul Mitarai-ke, Enjou Suru karangan Fujisawa Moyashi. Drama yang berjumlah 8 episode ini menyajikan cerita yang amat menarik. Meski demikian, melihat dari bagaimana drama ini berakhir, drama ini hanya ada 1 season dan tidak ada lanjutannya. Hanya saja saya tidak terlalu suka dengan endingnya karena tidak sesuai dengan bayangan saya. Namun, film ini masih menarik dan layak untuk ditonton.

 

Drama ini memiliki ide cerita yang menarik dan masuk akal. Cerita terjadi secara sistematis dan membuat penonton dapat memahami dengan baik jalan cerita. Setiap kejadian juga diberikan kejelasan dan latar belakang, sehingga tidak membuat penonton kebingungan. Cerita juga penuh misteris, sulit ditebak, dan terdapat sebuah plotwist yang diluar dugaan. Benang merah dari cerita ini juga terlihat dengan jelas.

 

Namun, ada beberapa point yang saya kurang sukai dari drama ini. Interaksi yang intens terjadi antara sosok Anzu dan Makiko. Makiko yang dibuat sebagai tokoh 'antagonis' terlihat begitu sesuai dengan karakternya. Namun, tokoh Anzu yang datang untuk membalas dendam setelah 13 tahun terlihat kurang memperlihatkan dengan baik. Anzu datang ke rumah tersebut seperti tanpa persiapan dan strategi.

 

Tokoh Anzu juga terlihat lemah di awal meski akhirnya terlihat makin baik saat cerita berkembang. Selain itu, tokoh yang membuat saya geram adalah ayah Anzu, Osamu Mitarai. Tokoh tersebut terlihat benar - benar lemah dan tidak ada kendali apapun atas kehidupannya.  Terlihat amat plin plan dan tidak memiliki karakter yang kuat. Sehingga membuat saya geram selama menonton drama ini.

 

Akting dari para pemain cukup baik. Kyoka Suzuki dapat memerankan tokoh Makiko dengan amat baik. Dirinya bisa memperlihatkan sosok Antagonis sekaligus Protagonis dimana dirinya mencoba menjadi seorang yang sempurna di mata publik. Terlihat jelas perbedaan kepribadiannya saat dirinya menjadi seorang antagonis. Mei Nagano juga menunjukkan akting yang baik dengan kesan yang kuat.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari drama ini adalah dimana kita harus mencari informasi sedalam mungkin untuk bisa menemukan suatu kebenaran. Jangan terlalu percaya dengan apa yang ada di sosial media. Sosial media adalah suatu tempat bagi manusia untuk membentuk citra yang mereka inginkan. Bisa jadi citra tersebut bukan citra yang sebenarnya.

 

Untuk sinopsis lengkap dari drama ini silahkan klik link di bawah, tetapi hati - hati ya pastinya akan ada spoiler di tiap sinopsinya.

  1. Episode 1
  2. Episode 2
  3. Episode 3
  4. Episode 4
  5. Episode 5
  6. Episode 6
  7. Episode 7
  8. Episode 8 (tamat)
(aluna)

Posting Komentar

0 Komentar