Review Erased (2017 - Series) - Perjalanan waktu untuk memecahkan misteri penculikan


 

Erased (Original Title: Boku dake ga inai machi)| 2017 | 12 episode

Genre : Drama, Mysteri, Fantasy| Negara: Japanese

Director: Ten Shimoyama | Writers: Kei Sanbe (manga), Tomomi Okubo

Pemeran: Y√Ľki Furukawa, Tomoka Kurotani, Reo Uchikawa, dll

IMDB : 7.8/10

My Rate : 9/10

 

Satoru Fujinuma memiliki kemampuan untuk menjelajah waktu dan setelah kematian Ibunya, dirinya kembali ke masa lalu demi mencari tahu hubungan kematian ibunya dengan kasus penculikan 18 tahun lalu.

 

Sinopsis
 

Satoru (Yuki Furukawa) adalah seorang pembuat manga yang saat itu sedang kesulitan untuk meneruskan manganya. Dirinya memutuskan untuk bekerja di sebuah restoran sebagai pengantar makanan. Disana Satoru bertemu dengan Airi (Mio Yuki), anak SMA yang juga bekerja sebagai pengantar makanan di restoran tersebut.


Erased Netflix
Airi

 

Saat dirinya sedang mengantarkan pesanan, tiba - tiba Satoru mengalami hal yang tidak terduga. Dirinya kembali ke waktu beberapa menit sebelumnya dimana dia sedang berada di lampu merah. Satoru menyebut kemampuan ini dengan sebutan 'Revival' dan biasanya berlangsung jika suatu hal yang membahayakan akan terjadi.

 

Satoru memperhatikan sekitar dan melihat bahaya apa yang mungkin terjadi. Ternyata sebuah pengendara truk mengalami serangan jantung mendadak dan membuat mobil truk tidak terkendali. Beruntung Satoru bisa mengurangi dampak buruk yang terjadi, meski dirinya harus dilarikan ke rumah sakit.

 

Airi menjaga dan menungguinya selama dirinya dirawat di rumah sakit. Sepulang dari rumah sakit, Satoru mendapati ibunya ada di apartemennya untuk menjaganya. Ibunya memiliki kebiasaan tidak mengunci pintu masuk dan hal tersebut membahayakan.

 

Suatu hari, saat Ibunya dan Satoru pulang berbelanja. Satoru mengalami Revival dan meminta bantuan ibunya untuk melihat sekitar jika ada yang mencurigakan. Ternyata ada percobaan penculikan seorang anak perempuan, tetapi karena Ibu Satoru melihatnya, penculikan tidak jadi dilakukan.


ERASED NETFLIX
Satoru mendapati ibunya telah meninggal
 

Kasus tersebut tidak berhenti disitu. Ternyata pelaku penculikan memata-matai ibu Satoru dan membunuhnya saat ada kesempatan. Satoru yang sampai di apartemen dan melihat ibunya bersimbah darah mulai panik. Tiba - tiba pelaku tersebut memunculkan dirinya dan membuat Satoru mengejarnya.

 

Ibu pemilik apartemen yang mendengar teriakan Satoru melihat Satoru berlari dari apartemen dengan baju bersimbah darah. Akhirnya hal ini membuat Satoru dituduh sebagai pelaku pembunuhan dan menjadi buronan. Tiba - tiba Satoru kembali ke 18 tahun silam, beberapa hari sebelum temannya menjadi korban penculikan.

 

Lalu apa hubungan kematian ibu Satoru dengan kasus penculikan 18 tahun silam tersebut?

 

Ulasan

 

Film ini memiliki ide cerita yang cukup menarik mengenai perjalanan waktu. Meski ide perjalanan waktu tetap meninggalkan celah dan kerumitan sendiri untuk dipahami secara logika. Namun, film ini cukup mudah untuk dinikmati dan diikuti alur ceritanya.

 

Skenario cerita sendiri menurut saya amat menarik dan sulit di tebak. Sebagai film misteri, penonton dibawa untuk ikut menganalisa kejadian yang terjadi dalam film tersebut. Penonton juga diajak untuk bisa menebak siapa pelaku sebenarnya dalam film ini. Meski awal saya juga sedikit terkecoh dalam menebak pelakunya.

 

Film ini memiliki 2 timeline waktu dimana Satoru saat dewasa dan Satoru berumur 10 tahun. Sebagian besar adegan dilakukan saat Satoru berumur 10 tahun. Meski demikian tidak ada ketimpangan dalam kemampuan akting dari pemainnya.


Erased 2017
Kayo dan Satoru

 

Pemilihan aktor dewasa dan anak - anak cukup menarik, dimana terdapat kemiripan dari wajah para pemain. Kemampuan akting dari para aktor cilik tersebut patut diancungi jempol, baik tokoh utama maupun tokoh pendukungnya. Akting mereka membuat saya terpesona. Kemampuan akting dari para aktor dewasa juga cukup baik.

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah peningkatan awareness kita terhadap kasus penculikan yang bisa saja terjadi di sekitar kita. Jangan berikan peluang kepada para penculik untuk melaksanakan aksinya. Pentingnya bagi kita untuk memberitahukan kepada anak agar jangan pernah menyendiri dimana pun berada. Berhati - hati juga dengan orang yang mungkin kita kenal. Jangan percaya 100% dengan mereka.

Untuk sinopsis dari masing - masing episode bisa di baca disini. Namun, pastinya akan ada spoiler.

  1. Episode 1
  2. Episode 2
  3. Episode 3
  4. Episode 4
  5. Episode 5
  6. Episode 6
  7. Episode 7
  8. Episode 8
  9. Episode 9
  10. Episode 10
  11. Episode 11
  12. Episode 12 (tamat)

 

(aluna)

 

Posting Komentar

0 Komentar